Kemenag Luncurkan Layanan Website Ramah Disabilitas

Forumterkininews.id, Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) meluncurkan layanan website ramah disabilitas. Fitur ramah disabilitas ini tersemat dengan ikon kursi roda di samping kiri website Kemenag.

Mengutip website Kemenag, peluncuran yang bertepatan dengan peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia ini ingin membuka ruang layanan yang ramah disabilitas.

Dalam ikon kursi roda itu, ada beberapa fitur layanan ramah disabilitas. Layanan berita dalam bentuk suara, memperbesar dan memperkecil teks, salah satunya. Terdapat pula layanan lain yang harapannya mempermudah penyandang disabilitas untuk mengaksesnya.

Tak hanya itu, terdapat juga sejumlah fitur pengubah tampilan website sehingga seperti film negatif atau low vision mode.

Hingga saat ini pun, Kemenag terus mencoba menghadirkan dan mengembangkan layanan yang ramah disabilitas. Layanan itu antara lain madrasah ramah disabilitas dan penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M dengan mengusung semangat ramah lansia dan disabilitas. Baru-baru ini pun mereka menghadirkan Mushaf Al-Qur’an Isyarat.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, keterbukaan informasi adalah amanah undang-undang. Hak semua warga negara termasuk sahabat disabilitas.

“Pada momentum HUT ke-78 RI ini, kami hadirkan fitur baru  yang memudahkan akses disabilitas pada layanan informasi Kemenag RI,” katanya Menag.

Staf Khusus Menag Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo, menyatakan Kemenag memanfaatkan momentum HUT RI ke-78 untuk menghadirkan layanan website ramah disabilitas. Ini menyiratkan sebuah pesan keberlanjutan dan kemajuan.

“Semangat ini yang kami usung dalam pengembangan website. Karenanya, fitur website yang ramah disabilitas akan terus dikembangkan,” tambah Wibowo.

Kemenag akan terus mengembangkan fitur ramah disabilitas ini sesuai dengan kebutuhan serta saran dan masukan dari masyarakat.

Artikel Terkait

Live Streaming di Indonesia, Youtuber IShowSpeed Sampai Dibikin Nangis!

FT News - Seorang Youtuber asal Amerika Serikat (AS), IShowSpeed,...

Respon Polos Orang Indonesia saat Bertemu Youtuber Speed: Dia Siapa?

FT News - Youtuber Speed atau IShowSpeed sedang berkunjung...

Patch Update Wasteland Storm di Garena Undawn Bakal Hadir 19 September

Garena Undawn akan merilis pembaruan patch update Wasteland Storm...

Cek Nomor HP, Ada Aplikasi Selain GetContact

FT News – Akun Fufufafa semakin ramai diperbincangkan oleh...