Sistem Canggih PLN Suplai Listrik Istana Negara saat Upacara HUT RI

Forumterkininews.id, Jakarta – Perusahaan Listrik negara (PLN) telah membuat sistem kelistrikan canggih untuk mengamankan suplai listrik di Istana Kepresidenan Jakarta. PLN melakukan ini untuk menyuplai listrik selama perhelatan upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Kamis (17/8).

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Lasiran, mengungkapkan PLN telah menyiapkan sistem yang canggih dan modern upacara perngibaran dan penurunan bendera berjalan khidmat.

“Kami telah siapkan listrik yang andal, canggih, dan modern untuk memastikan acara kenegaraan yang dilangsungkan setahun sekali ini berjalan dengan khidmat,” ujar Lasiran dalam keterangan yang diterima.

Adapun PLN menyiapkan 107 petugas pada 24 titik posko siaga yang tersebar di sekitar komplek Istana. Kepresidenan Jakarta.

PLN memperbarui sistem kelistrikan di komplek Istana Kepresidenan Jakarta menjadi lebih canggih dan modern. Sistem ini berjalan sejak 1 Agustus 2023. Ini lantaran sistem sebelumnya ringkih, tersebar, tidak aman, dan masih dioperasikan secara manual.

Kemudian, sistem ini dilengkapi dengan empat jalur dengan trafo ‘green’ tanpa minyak dengan automatic changing supply. Selain itu, terdapat Uninterruptible Power Supply (UPS) anti kedip, genset teknologi terbaru yang senyap. 

Lalu, sistem canggih ini terkendali terpusat di Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) di Powerhouse Istana Kepresidenan Jakarta.

“Listrik istana ini disuplai dari 4 gardu induk, di-backup dengan Uninterruptible Power Supply 8 x 400 kVA, dan genset kapasitas 4 x 2.000 kVA,” pungkas Lasiran.

Artikel Terkait