AS Dihantam Badai Hilary, California Siaga Tinggi

Forumterkininews.id, California- Badai Hilary yang tengah menghantam Amerika Serikat (AS), menyebabkan hujan lebat di wilayah California pada Minggu, (20/8). Membawa peringatan akan potensi banjir yang mengancam jiwa dan siaga tinggi.

Di Amerika Serikat bagian barat daya yang biasanya gersang. orang-orang mendadak gelisah usai pada Minggu sore, inti Hilary berada di California dengan kecepatan angin berkelanjutan maksimum 95 km per jam, setelah meluncur ke Semenanjung Baja California Meksiko.

Pusat Badai Nasional AS (NHC) pun menyebut peristiwa cuaca tropis ini sangat jarang terjadi di California selatan.

Baca Juga: Badai Hilary Hantam Meksiko dan AS Barat Daya

“Banjir bencana dan mengancam jiwa kemungkinan terjadi di Baja California dan sebagian AS barat daya hingga Senin. Ini adalah peristiwa cuaca yang belum pernah terjadi sebelumnya,” Walikota Los Angeles Karen Bass memperingatkan,”kata mereka dikutip AFP.

Sementara itu, Gubernur California Gavin Newsom mengumumkan keadaan darurat untuk sebagian besar wilayah selatan negara bagian itu.

“Tetap aman, California,” tulisnya di media sosial.

Pihak berwenang juga telah membuka lima tempat perlindungan badai dan mengerahkan lebih dari 7.500 personel, termasuk beberapa ratus tentara Garda Nasional serta tim evakuasi.

Artikel Terkait