Ini Tips Saat Membeli Kendaraan Listrik untuk Pertama Kalinya

Forumterkininews.id, Jakarta – Kendaraan listrik tengah menjadi perhatian masyarakat Indonesia. Ini membuat masyarakat mulai beralih dari kendaraan berbasis bensin ke kendaraan listrik. Beberapa tips berikut dapat membantu anda sebelum membeli kendaraan.

Kendaraan listrik dapat menjadi salah satu cara mengurangi polusi udara. Ini lantaran menggunakan sumber energi dari listrik yang tidak menghasilkan gas karbon. Sebelum membeli kendaraan listrik untuk pertama kali, pengguna perlu memerhatikan beberapa hal berikut.

Riset Sebelum Membeli

Hal utama yang perlu pembeli lakukan adalah mencari tahu merek, spesifikasi dan harga kendaraan listrik yang beredar di pasaran.

Saat ini terdapat banyak jenis kendaraan seperti, hybrid, plug-in hybrid, dan battery electric vehicles (BEV).

Selain itu, pelajari kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis kendaraan listrik. Lalu, pembeli juga perlu teliti terhadap pilihan subsidi atau insentif yang akan pemerintah berikan.

Perhatikan Jarak Tempuh

Pembelian kendaraan listrik tidak jauh berbeda dengan kendaraan konvensional pada umumnya. Namun, pengguna perlu memerhatikan jarak tempuh kendaraan listrik sebelum membelinya untuk pertama kali.

Perhatikan juga daya tampung energi pada baterai dalam sekali pengisian. Kebiasaan mengemudi, kecepatan, dan rute perjalanan sangat berpengaruh pada daya tempuh kendaraan.

Perhatikan Lokasi Pengisian Daya 

Pembeli perlu perhatikan hal ini sebelum membeli kendaraan listrik untuk pertama kalinya. Lantaran, saat ini sudah banyak stasiun pengisian daya di beberapa tempat. 

Keberadaan stasiun pengisian daya sangat penting agar daya baterai kendaraan pengguna tidak habis di tengah perjalanan.

Biaya Perawatan

Biaya pengisian daya dan perawatan kendaraan listrik memang lebih mudah dan murah. Namun demikian, pastikan dealer pilihan pembeli memberikan dukungan teknis dan perawatan untuk kendaraan.

Sebab, perawatan baterai dan komponen lain dari kendaraan juga membutuhkan biaya saat pengecekan.

BACA JUGA:   Usai Prabowo Sebut, "Giant Sea Wall" Ramai Dibahas, Apa Fungsinya?

Perlindungan dari Asuransi

Meskipun perawatan kendaraan listrik lebih murah, akan tetapi masih ada risiko kerusakan yang mungkin terjadi.

Pembeli diharapkan mempertimbangkan jasa asuransi kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan sebaiknya sesuai dengan kemampuan finansial.

Artikel Terkait

PON XXI Aceh-Sumut 2024 Resmi Ditutup, Menko PMK: Sampai Bertemu di PON NTB-NTT

FT News - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan...

Sah! Gamers Cantik Listy Chan Mualaf

Nama Listy Chan, gamers cantik yang sempat populer di...

Duo Anggrek Comeback Lewat Mekar: Lebih Fresh

Penghujung tahun 2024, Duo Anggrek yang diawaki Devay dan...