Sistem Lalu Lintas Solo Berbasis AI dan Sudah Terverifikasi

Forumterkininews.id, Jakarta – Pada bulan Juli lalu, PT Teknologi Karya Digital Nusa (TKDN) Tbk menerapkan sistem pengendalian lalu lintas yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intellegence (AI). Penerapan teknologi tersebut berada di Simpang Tugu Wisma Manahan dan Simpang Sumber Girimulyo, Solo, Jawa Tengah.

Pengembangan teknologi ini bernama Intelligent Traffic Control System (ITCS) yang terancang untuk mengatasi kemacetan di persimpangan lampu merah dengan memanfaatkan teknologi AI Digital Twin 3D Generasi ke-5 dan AI Predictive Modelling.

Mengutip berbagai sumber, teknologi ini berguna untuk mendeteksi penumpukkan kendaraan saat terjadi antrean di lampu merah. Teknologi ini juga menyesuaikan waktu lampu lalu lintas sesuai dengan tingkat kepadatan lalu lintas. Secara otomatis, sistem akan mengoptimalkan waktu siklus lampu lalu lintas di persimpangan untuk mencegah terjadinya kemacetan.

Sementara itu, dalam pengembangannya, terdapat juga fitur-fitur seperti Bus Priority, VIP Green Wave, Actuated (Full Reaction), Self Adaptive, Coordinate Green Wave, dan teknologi IR Light yang dapat memantau kondisi jalan saat malam hari.

Sistem ITCS tersebut berhasil menjalani tahapan verifikasi, validasi dan evaluasi dari Asosiasi Sistem Transportasi Cerdas Indonesia (ITS Indonesia). Dalam evaluasinya menunjukkan sistem ITCS telah memenuhi standar menurut Kementerian Perhubungan.

Kemudian, penyerahan sertifikat verifikasi, validasi dan evaluasi (VV&E) menjadi tonggak yang penting bagi PT TKDN. Pengembangan Sistem ITCS ini harapannya mampu menjadi salah satu solusi dalam mengurangi kemacetan di persimpangan lampu merah. Adanya sistem ini menjadi contoh bagi kota-kota lain untuk menerapkan sistem ini. Sebuah langkah tepat dalam mewujudkan smart city.

Artikel Terkait

Live Streaming di Indonesia, Youtuber IShowSpeed Sampai Dibikin Nangis!

FT News - Seorang Youtuber asal Amerika Serikat (AS), IShowSpeed,...

Respon Polos Orang Indonesia saat Bertemu Youtuber Speed: Dia Siapa?

FT News - Youtuber Speed atau IShowSpeed sedang berkunjung...

Patch Update Wasteland Storm di Garena Undawn Bakal Hadir 19 September

Garena Undawn akan merilis pembaruan patch update Wasteland Storm...

Cek Nomor HP, Ada Aplikasi Selain GetContact

FT News – Akun Fufufafa semakin ramai diperbincangkan oleh...