Naik Kereta, Dosen dan Tendik UI Dapat Diskon 10 %

Forumterkininews.id- Jakarta – Untuk membantu mereduksi emisi karbon, PT Kereta Api Indonesia, Persero (PT KAI) memberikan diskon (reduksi) tarif sebesar 10 persen bagi dosen dan tenaga pendidik (tendik) Universitas Indonesia (UI).

Pemberian diskon tiket ini berlaku untuk tiket kereta jarak jauh dan menengah dengan kelas eksekutif, bisnis dan ekonomi. Pemberian reduksi tiket berlaku hingga Juli 2024. Sivitas akademika bisa melakukan registrasi di mobile application Access by KAI.

Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI, Amelita Lusia mengatakan, pemberian diskon tarif ini sudah berjalan sejak Juli 2022.

“Melalui sosialisasi ini diharapkan para dosen dan tendik mengetahui dan memahami alur pendaftaran reduksi tiket. Sehingga mampu memaksimalkan manfaat penawaran dari PT KAI,” kata Amelita dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin (28/8).

Program ini kembali UI sosialisasi kepada sivitas akademikannya baru-baru ini.

Melalui program ini harapannya mereka terdorong menggunakan moda transportasi kereta api saat bepergian. Mayoritas dosen dan tendik UI adalah pengguna kereta api, baik untuk mobilitas pribadi ataupun rombongan.

Dengan demikian, program ini akan mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi jumlah emisi karbon di tengah kondisi polusi udara yang semakin memburuk. Ditambah lagi, kereta api merupakan transportasi yang paling rendah emisi.

Ada Pengeculian Diskon

Ia menambahkan, tidak ada batasan jumlah penggunaan reduksi tiket selama kerja sama antara UI dan PT KAI masih berlaku. Diskon tarif ini tidak berlaku untuk kereta api perkotaan/komuter, tarif khusus, tarif promosi, serta kereta luxury, imperial, priority atau kereta api wisata lainnya.

Diskon tarif hanya berlaku bagi dosen dan tendik, namun tidak berlaku bagi keluarga dosen dan tendik.

Manager Pemasaran Angkutan Penumpang PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, Rustono berharap, kerja sama ini dapat berkembang ke kerja sama lainnya.

BACA JUGA:   Kasus Covid-19 Meningkat: Jakarta PPKM Level 2, Kapasitas Mal 75 Persen

Sementara itu, Manager of Group Costumer and Support Service PT KAI, Ade Kurnia Ayu menyampaikan, pihaknya memilih UI dalam kerja sama ini karena merupakan perguruan tinggi top di Indonesia yang dapat menjadi academica influencer.

“Saat ini, transaksi sivitas UI dalam penggunaan tarif reduksi baru mencapai 244 transaksi. Semoga jumlah ini terus meningkat,” tutur Ade.

Artikel Terkait