Smart Home, Rumah Pintar Bisa Dikendalikan dari Jarak Jauh

Forumterkininews.id, Jakarta – Sistem smart home baru-baru ini mendapat perhatian publik. Kontennya pun berseliweran di Tiktok atau Reels Instagram.

Pernahkah melihat postingan video room tour sebuah rumah di mana pintunya smart lock? Membukanya dengan pin atau sidik jari. Atau sebuah rumah dikendalikan dengan suara, seperti banyak muncul di drama Korea? Ya itulah smart home.

Smart home atau rumah pintar merupakan sebuah teknologi yang dapat mendukung kecanggihan baru konsep tempat tinggal. Rumah akan terhubung secara digital dengan teknologi Internet of Things (IoT) di setiap perangkat elektroniknya. Kita dapat mengendalikan perangkat di dalam rumah dari jarak jauh. Bisa juga mengaturnya dengan perangkat smartphone atau suara kita. Menakjubkan ya?

Kita pun bisa mengatur pencahayaan, fasilitas kesehatan, pengaturan kamar mandi, suhu ruang, fasilitas hiburan dan perabot-perabot rumah lainnya. Selain itu, kita juga bisa memiliki perangkat keamanan yang canggih, dengan sensor wajah, gerak, dan sidik jari.

Smart home ini dikendalikan dengan satu transmitter untuk semua barang elektronik pada rumah. Perangkat-perangkat elektronik ini akan mempunyai chip yang menjadi sebuah sensor sehingga kita dapat mengendalikannya dengan remote digital.

Remote ini bisa kita sinkronisasi dengan smartphone sehingga kita bisa mengawasi apapun yang ada di rumah dengan praktis.

Pemilik bisa membuat suasana rumah terasa lebih nyaman. Smart home ini juga bisa menghemat energi, karena kita dapat mengatur agar energinya tidak terbuang. Selain itu, keamanan dengan smart lock cukup ketat. Selain rumah nyaman tentu juga aman.

Tertarik memiliki smart home untuk tempat tinggalmu?

Artikel Terkait

Menyambangi ET 45 Toko Rilisan Fisik Legendaris di Medan

FT News - Bagi pecinta musik, tak lengkap rasanya...

Baim Cilik: Lolly Nggak Waras

FT News – Baim Cilik menyebut Lolly anak Nikita...

IShowSpeed Kontak Mamat Alkatiri, Minta Ditemenin ke Papua

FT News – Komika Mamat Alkatiri dihubungi oleh tim...

Nikita Mirzani Sebut Khodam Razman Arif Nasution Kura-Kura Ninja

FT News – Nikita Mirzani Mawardi meluapkan emosinya melalui...