Susu Oat Bisa Bantu Diet?

Forumterkininews.id, Jakarta – Salah satu susu nabati yang paling populer belakangan ini yaitu, susu oat. Selain susu yang berasal dari hewan seperti sapi dan kambing, ada juga susu yang terbuat dari nabati seperti susu kedelai, kacang hijau, susu almond dan susu oat.

Belakangan ini susu oat populer karena penggunaannya pada minum-minuman di coffee shop. Banyak yang menyukai susu oat karena susu ini memiliki rasa yang kaya, netral dan juga memiliki banyak manfaat.

Oat merupakan serealia yang mengandung karbohidrat dan masih dalam keluarga gandum. Namun, oat berbeda dengan gandum. Oat masih memiliki lapisan kulit dan dapat kita makan secara langsung. Kandungan oat sangat baik bagi kesehatan seperti serat, protein, vitamin, dan mineral yang lebih tinggi serta kaya akan nutrisi.

Banyak orang yang menjadikan susu oat sebagai pengganti susu hewani. Khususnya pada orang yang tidak toleran dengan laktosa, alergi kacang-kacangan, vegan atau mengurangi susu sapi. Oat juga populer di kalangan mereka yang berusaha ingin menurunkan berat badan atau diet.

Mengutip laman nutrisense.io, susu oat mengandung sejenis serat larut yang disebut beta-glukan. Serat ini dapat mendukung kesehatan metabolisme secara keseluruhan dan menurunkan risiko obesitas.

Kandungan beta-glukan adalah polisakarida tanaman yang tahan terhadap pencernaan dan penyerapan di usus kecil, ia juga melemahkan kolesterol darah dan glukosa.

Kandungan karbohidrat yang ada di dalam oat juga dapat menjadi sumber energi yang mampu menjaga tubuh dari rasa lesu. Sehingga banyak sekali orang yang menjadikan produk berbahan dasar oat sebagai konsumsi untuk diet.

Melansir healthline.com, susu oat merupakan sumber nutrisi yang kaya, terutama jika difortifikasi. Ia memiliki lebih banyak kalori, karbohidrat, dan serat dari pada susu almond, kedelai, dan susu sapi. Namun, susu oat lebih sedikit protein dari pada susu kedelai dan susu almond.

BACA JUGA:   Artis Rio Reifan Ditangkap Terlibat Narkoba di Jakarta Barat, Positif Sabu

Selain itu, manfaat susu oat juga bebas dari banyak alergi umum dan dapat menurunkan kolesterol darah.

Meskipun susu oat ini memiliki banyak manfaat dan nutrisi, namun banyak produk susu oat menambahkan rasa dengan banyak gula tambahan. Hal ini membuat sebagian besar produk susu oat yang terjual tidak bebas gluten padahal kandungan oat sendiri memiliki gluten yang cukup.

Susu oat sangat berguna dan memiliki banyak manfaat serta rasanya lezat. Untuk menikmatinya kita bisa menambahkan susu ini ke dalam kopi seperti yang ada di coffee shop atau menikmatinya dengan sereal.

Artikel Terkait

Sah! Gamers Cantik Listy Chan Mualaf

Nama Listy Chan, gamers cantik yang sempat populer di...

Duo Anggrek Comeback Lewat Mekar: Lebih Fresh

Penghujung tahun 2024, Duo Anggrek yang diawaki Devay dan...

Salim Nauderer Ngaku Selingkuh, Rachel Vennya Diteror Ayah Azizah Salsha?

Ahmad Ramzy, mantan kuasa hukum Salim Nauderer memastikan kalau...