Belasan Ribu Personel TNI Disiapkan Amankan KTT ke-43 ASEAN

Forumterkininews.id, Jakarta – Sejumlah personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah disiapkan. Hal ini guna mengamankan acaraKonferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN, yang digelar di Jakarta, pada 4 hingga 7 September 2023.

Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan sebanyak belasan ribu personel. Guna mengamankan jalannya acara KTT ke-43 ASEAN.

“Semuanya sudah kita siapkan untuk dilaksanakan pengamanan. Dimana pasukan pengamanan ini dengan kekuatan 13.158 personel,” kata Yudo, di Monas, pada Jumat (1/9).

Lebih lanjut Yudo mengungkapkan bahwa belasan ribu personel tersebut diantaranya berasal dari Kodam Jaya sebanyak 4.661 personel, Paspampres 3.596 personel, Koopsus TNI 191 Personel, Puspen TNI 21 personel, Puskes TNI 38 personel, dan Bais TNI 150 Personel.

“Selanjutnya ada Koarmada I 919 personel, Koopsud I 1.288 personel, Satkomlek 50 personel, Korem 051/wkt 983 personel, satgas bandara/pelabuhan/ PKL TNI 1.123 personel, satgas siber TNI 18 personel, satgas mabes TNI 60 personel,” ucap Yudo.

Sementara itu Yudo mengungkapkan bahwa nantinya para personel tersebut akan ditempatkan di sejumlah titik yang menjadi fokus digelarnya KTT ke-43 ASEAN.

“Semuanya sudah kita siapkan pengamanan tempat acara di venue-venue JCC. Kemudian hotel-hotel yang sudah di booking yang dicadangkan oleh Kemenlu, kemudian di hutan kota. Untuk pengamanan lingkar luar baik dari keamanan laut maupun udara juga kita siapkan alutista kita,” tukas Yudo.

 

Artikel Terkait