Siapa Tharman Shanmugaratnam, Presiden Baru Singapura?

Forumterkininews.id, Singapura- Usai menang telak dengan 70,4 persen suara di pilpres Singapura, dunia kini bertanya siapa sosok Tharman Shanmugaratnam yang berhasil menyingkirkan dua kandidat capres kuat lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, Tharman adalah seorang ekonom asal India yang lahir di Singapura pada 25 Februari 1957 dan kini berusia 66 tahun.

Ayahnya seorang keturunan Tamil dan ibunya Tionghoa. Ayahnya, Kanagaratnam Shanmugaratnam, adalah seorang ahli patologi dan peneliti kanker terkenal, sedangkan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga.

Baca Juga: Menang Telak 70,4 Persen Suara, Tharman Shanmugaratnam jadi Presiden Singapura

Tharman tumbuh di lingkungan budaya yang beragam dan kaya, ia bahkan menguasai empat bahasa: Inggris, Tamil, Melayu, dan Mandarin.

Tharman bersinar secara akademis dan memperoleh gelar sarjana ekonomi dari London School of Economics, gelar master di bidang ekonomi dari University of Cambridge, dan gelar master di bidang administrasi publik dari Harvard University. Dia juga ikut menulis buku puisi dengan teman-teman sekelasnya ketika dia masih di sekolah.

Karirnya bukan kaleng-kaleng

  • Tharman menjabat sebagai wakil perdana menteri Singapura antara tahun 2011 dan 2019.
  • Ia menjabat sebagai menteri senior di Kabinet antara tahun 2019 dan 2023. Ia juga menjabat sebagai menteri pendidikan antara tahun 2003 dan 2008, menteri keuangan antara tahun 2007 dan 2015, menteri sumber daya manusia antara tahun 2011 dan 2012, dan menteri kebijakan sosial antara tahun 2015 dan 2023.
  • Tharman melakukan debut politiknya pada pemilihan umum tahun 2001, dan terpilih kembali menjadi anggota Parlemen sebanyak empat kali pada pemilihan umum berikutnya pada tahun 2006, 2011, 2015 dan 2020.
  • Ia  juga memimpin berbagai dewan dan panel internasional tingkat tinggi.
  • Dari tahun 2011 hingga 2014, ia mengetuai Komite Moneter dan Keuangan Internasional, komite penasehat kebijakan Dana Moneter Internasional (IMF), dan menjadi ketua pertama di Asia.

Artikel Terkait

Jepang Dilanda Banjir Bandang Tewaskan 6 Orang

FT News – Negeri Sakura dilanda banjir bandang dan...

China Desak Warganya Tinggalkan Israel, Bersiap Serang?

FT News – China mendesak warganya di Israel untuk...

Viral Pendaki Gunung Rekam Detik-detik Dirinya Terperosot Saat Mendaki Gunung

FT News - Kegiatan mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan...

Aktivis Lingkungan Greta Thunberg Dukung Palestina dalam Demonstrasi di Stockholm

FT News - Aktivis lingkungan kondang asal Swedia, Greta Thunberg,...