TMII Berwajah Baru dan Jadi Lokasi Pameran KTT ke-43 ASEAN

Forumterkininews.id, Jakarta – Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII) rampung direvitalisasi. Kawasan ini menjadi salah satu lokasi pameran dalam rangkaian pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan hal itu. Revitalisasi TMII, pemerintah lakukan sejak Januari 2022 telah selesai. Biaya APBN untuk revitalisasi mencapai Rp 1,07 triliun.

Konsep revitalisasi TMII sesuai dengan rencana induk awal yakni mengusung konsep kawasan hijau dengan 70 persen ruang terbuka hijau dan 30 persen bangunan.

“TMII menjadi lokasi pameran (spouse program) dalam rangka pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN, di Jakarta pada 5-7 September 2023,” kata Basuki di Jakarta, Sabtu melansir Antara.

Ia juga menambahkan, penataan sarana dan prasarana di kawasan TMII utamanya dalam rangka persiapan sebagai lokasi pertemuan tingkat internasional di Jakarta, seperti KTT G20 2022 dan KTT ASEAN 2023 pada 5 – 7 September 2023.

Selain itu penataan juga pemerintah maksud untuk mengembalikan TMII sebagai ikon dan ruang publik skala besar di Jakarta. Seperti halnya Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) dan Taman Margasatwa Ragunan yang telah menjadi destinasi wisata rakyat sejak tahun 1970-an.

Area penataan meliputi revitalisasi bangunan seluas 7,71 hektare dan kawasan seluas 26,56 hektare dengan total anggaran Kementerian PUPR sebesar Rp1,07 triliun.

Wajah Baru TMII

Adapun ruang lingkup pekerjaannya meliputi penataan area gerbang utama, renovasi koridor utama Sasono Utomo, Sasono Langgeng Budoyo, dan Sasono Adiguno, renovasi Museum Indonesia, penataan lanskap anjungan dan pedestrian, penataan outer ring (halte), area parkir, dan gedung pengelola.

Selanjutnya penataan lanskap pulau-pulau di Danau Archipelego (promenade, pedestrian anjungan, dan amphitheater). Selanjutnya renovasi Museum Theater Garuda, Museum Telkom, dan Keong Mas. Termasuk pembangunan struktur parkir dengan desain elevated, pengaspalan jalan dan pengerukan Danau Archipelago.

BACA JUGA:   Hariyana binti Hermain Divonis Tiga Tahun Penjara Terkait Penggelapan Dana ACT

Basuki mengatakan, penataan kawasan TMII Kementerian PUPR lakukan secara besar-besaran dengan mengadopsi konsep destinasi wisata rakyat yang mengedepankan suasana lebih alami dan hijau.

“Kementerian PUPR memulai revitalisasi sejak Januari 2022 hingga selesai pada Oktober 2022 lalu. Hal ini sesuai perintah Presiden Joko Widodo untuk menjadikan TMII dengan wajah barunya sebagai destinasi wisata rakyat yang lebih hijau, nyaman, dan sehat,” katanya.

Wajah baru TMII ini mengunsung konsep, culture, dan smart. Harapannya menjadi ikon besar pariwisata di Jakarta dan juga menjadi kebanggaan Indonesia.

Artikel Terkait

Gus Miftah Ungkap Rencana Jokowi Usai Lengser

FT News - Joko Widodo (Jokowi) akan mengakhiri masa...

Menpora Dito Minta Maaf Atas Kekurangan PON Aceh-Sumut 2024

FT News - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito...

PON XXI Aceh-Sumut 2024 Resmi Ditutup, Menko PMK: Sampai Bertemu di PON NTB-NTT

FT News - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan...