Komnas HAM Berharap Bisa Berkomunikasi dengan Panglima TNI

Forumterkininews.id, Jakarta – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan berkomunikasi dengan Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono dalam kasus pembunuhan yang melibatkan oknum anggota Paspampres.

Mengitup Antara, Wakil Ketua Bidang Eksternal Komnas HAM Abdul Haris Semendawai berharap bisa berkomunikasi dengan Panglima TNI, Yudo Margono.

“Kita tentu berharap bukan hanya nanti komunikasi kita dengan pihak Pomdam (Polisi Militer Kodam) Jaya, tetapi mungkin untuk yang lebih di atas lagi, kalau ada kemungkinan, kita akan meminta bertemu dengan Panglima TNI nanti,” ujar Abdul, Jumat (1/9).

Ia menilai kasus ini jangan dilihat sebagai suatu peristiwa biasa. Kasus ini, Abdul sebut harus mendapat perhatian besar masyarakat.

“Sejumlah aliansi-aliansi masyarakat yang peduli kasus ini, datang berkunjung menyampaikan aspirasinya kepada Komnas HAM,” ucapnya.

Lebih lanjut, pihaknya sedang mengumpulkan data untuk mendalami kasus ini. Sebab, kasus ini belum menemui titik terang.

Kemudian, pihaknya masih melakukan pemantauan lapangan hingga pemeriksaan beberapa saksi.

“Ada rencana juga untuk melakukan permintaan keterangan kepada pihak Pomdam Jaya, Polda Metro Jaya, (dan) RSPAD (Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat) untuk memastikan peristiwa tersebut,” kata Abdul.

Dalam memastikan perlindungan kepada saksi dan keluarga korban, katanya, pihaknya bekerja sama dengan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

“Karena bagaimanapun, keluarga korban ini ketika berhubungan dengan suatu institusi, apalagi ini TNI tentunya ada kekhawatiran,” ujarnya.

Artikel Terkait