Dunia Minggu Ini: Kudeta Militer Gabon hingga Pilpres Singapura

Forumterkininews.id, Jakarta- Pekan terakhir Agustus  2023 terlewati. Sejumlah peristiwa penting dari berbagai belahan dunia telah menjadi headline dalam seminggu terakhir.

Berikut, deretan peristiwa dunia dalam sepekan yang telah dirangkum Forumterkininews.id.

Bak Drama, Presiden Gabon Dikudeta dan Diganti Sepupunya

Nasib malang menimpa Presiden Gabon Ali Bongo Ondimba. Ia yang baru saja terpilih kembali sebagai orang nomor satu di Gabon, harus rela dikudeta oleh militer yang menentangnya.

Militer yang memberontak telah menangkap Ondimba dan mengurungnya sebagai tahanan rumah, dengan ia yang dituduh berkhianat dan melakukan penggelapan besar-besaran selama pemerintahannya di negara kaya minyak di Afrika Tengah itu.

Edan! Taliban Kerahkan Pasukan Ancam Perempuan Bepergian

Taliban akan mengerahkan pasukan keamanan untuk menghentikan perempuan bepergian ke salah satu taman nasional paling populer di Afghanistan.

Baca Juga: Taliban Perintahkan Tutup Salon Kecantikan di Afghanistan

Larangan itu datang setelah Menteri Wakil dan Kebijakan Mohammad Khalid Hanafi, mengunjungi taman tersebut di provinsi Bamiyan dan mengatakan kepada para pejabat bahwa perempuan belum menerapkan cara mengenakan jilbab yang benar.

Balas AS, Korut Tembak Rudal Balistik ke Laut

Korea Utara menembakkan setidaknya dua rudal balistik jarak pendek ke laut pada Rabu, (30/8), beberapa jam setelah AS secara terpisah mengerahkan pesawat pengebom B-1B untuk latihan udara sekutu.

Melansir AFP, penembakan tersebut kata Korea Utara merupakan pesan yang jelas bagi para musuh dan bentuk latihan serangan nuklir taktis.

Ramai-ramai ke TPS, Warga Singapura Nyoblos Presiden Hari Ini

Singapura menggelar pemilihan presiden (Pilpres) pada Jumat (1/9), untuk memilih presiden ke-9 negara Asia Tenggara itu.

Tiga kandidat presiden yang bakal dipilih 2,7 juta warga Singapura adalah mantan kepala investasi GIC Ng Kok Song, mantan menteri senior Tharman Shanmugaratnam, dan mantan kepala eksekutif NTUC Income Tan Kin Lian.

BACA JUGA:   Bendung Serangan Rusia, AS Kirim Rudal Pertahanan Udara ke Ukraina

Siapa Tharman Shanmugaratnam, Presiden Baru Singapura?

Usai menang telak dengan 70,4 persen suara di pilpres Singapura, dunia kini bertanya siapa sosok Tharman Shanmugaratnam yang berhasil menyingkirkan dua kandidat capres kuat lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, Tharman adalah seorang ekonom asal India yang lahir di Singapura pada 25 Februari 1957 dan kini berusia 66 tahun.

Artikel Terkait

Jepang Dilanda Banjir Bandang Tewaskan 6 Orang

FT News – Negeri Sakura dilanda banjir bandang dan...

China Desak Warganya Tinggalkan Israel, Bersiap Serang?

FT News – China mendesak warganya di Israel untuk...

Viral Pendaki Gunung Rekam Detik-detik Dirinya Terperosot Saat Mendaki Gunung

FT News - Kegiatan mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan...

Aktivis Lingkungan Greta Thunberg Dukung Palestina dalam Demonstrasi di Stockholm

FT News - Aktivis lingkungan kondang asal Swedia, Greta Thunberg,...