Mulai Berlaku, Siswa di Prancis Tak Boleh Pakai Abaya ke Sekolah

Forumterkininews.id, Paris- Pihak berwenang Prancis mulai memberlakukan larangan memakai abaya bagi siswa perempuan di sekolah pada Senin, (4/9).

Bulan lalu pemerintah mengumumkan pelarangan abaya di sekolah-sekolah, dengan mengatakan hal itu melanggar aturan sekularisme dalam pendidikan yang sudah melarang jilbab bagi umat Islam dengan alasan bahwa jilbab merupakan bentuk afiliasi keagamaan.

“Semuanya berjalan baik pagi ini. Tidak ada insiden untuk saat ini, kami akan terus waspada sepanjang hari agar para siswa memahami arti aturan ini,” kata Perdana Menteri Elisabeth Borne saat mengunjungi sebuah sekolah di Prancis utara dikutip CNA.

Baca Juga: Prancis Larang Siswa Perempuan Pakai Abaya di Sekolah

Namun dia menambahkan bahwa ada sejumlah sekolah di mana siswa perempuan datang dengan mengenakan abaya.

“Beberapa remaja putri setuju untuk menghapusnya. Bagi remaja lainnya, kami akan berdiskusi dengan mereka, dan menggunakan pendekatan pendidikan untuk menjelaskan bahwa ada undang-undang yang diterapkan,” tambahnya.

Sementara itu, Menteri Pendidikan Gabriel Attal mengatakan kepada radio RTL bahwa pihak berwenang telah mengidentifikasi 513 sekolah yang mungkin terkena dampak larangan tersebut pada awal tahun ajaran.

Ada sekitar 45.000 sekolah di Prancis, dengan 12 juta siswa kembali bersekolah pada hari Senin.

“Sejumlah aturan telah dilakukan sebelum dimulainya tahun ajaran untuk melihat di sekolah mana hal ini dapat menimbulkan masalah, dan menambahkan bahwa pengawas sekolah yang terlatih akan ditempatkan di sekolah-sekolah tertentu,”katanya.

Namun, Attal mengatakan dia menentang penerapan larangan terhadap orang tua mengenakan pakaian yang memiliki makna keagamaan ketika mereka menemani anak-anak mereka jalan-jalan ke sekolah.

Artikel Terkait