Chemical Sunscreen dan Physical Sunscreen, Apa Bedanya?

Forumterkininews.id, Jakarta – Melakukan aktivitas di bawah teriknya sinar matahari dapat menyebabkan kulit terasa kering dan mudah gosong. Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang dapat memberikan tubuh vitamin D. Namun sinar UV juga bisa berbahaya dan dapat membakar kulit hingga kanker kulit.

Meskipun sinar matahari memberi kesehatan untuk tubuh, tapi usahakan untuk menggunakan sunscreen ya atau tabir surya. Karena sunscreen dapat melindungi kulit kita dari sinar UV yang terlalu banyak. Ada dua macam jenis sunscreen yaitu, chemical sunscreen dan ada physical sunscreen. Apa yang berbeda ya? Lalu, mana yang paling efektif untuk kulit kita?

Mengutip artikel tentang “Penggunaan dan Pengetahuan Sunscreen Pada Mahasiswa Unair”, Chemical sunscreen (organic sunscreen) merupakan pelindung yang bekerja dengan menyerap sinar matahari. Sedangkan physical sunscreen (inorganic sunscreen atau sunblock) bekerja dengan memantulkan sinar matahari.

Chemical sunscreen mudah menyerap dan dapat memungkinkan terjadinya clogged pores atau pori-pori terbuka. Bahan chemical sunscreen ringan dan mudah menyerap ke kulit, cocok memakainya untuk kegiatan-kegiatan fisik di luar lapangan seperti berenang.

Lalu, physical sunscreen memiliki perlindungan yang lebih luas namun dapat menimbulkan whitecast. Physical sunscreen bekerja seperti membuat layer perlindungan dan memantulkan juga menghancurkan sinar UV.

Kandungan dari chemical sunscreen yaitu, Oxybenzone, Octisalate, Octocrylene, Ethylhexyl, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Butylene Glyco dan lainnya. Kandungan chemical sunscreen lebih mudah memformulasikannya dengan banyak filter UV dan dapat memastikan perlindungan lebih efektif.

Sedangkan physical sunscreen memiliki kandungan mineral Titanium dioxide dan Zinc Oxide yang tergolong ke dalam photostability yang baik sehingga dapat menghalangi radiasi dari sinar UV.

Mana yang Lebih Efektif?

Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, jika kamu memiliki kulit yang sensitif, lebih baik gunakan physical sunscreen karena tidak mengandung banyak bahan aktifnya.

BACA JUGA:   Stigma Negatif Selimuti Pasien TBC

Soal efektif atau tidaknya, bergantung bagaimana kita mengaplikasikannya pada wajah. Baik chemical sunscreen atau physical sunscreen, keduanya perlu digunakan secara rutin agar efektif melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB matahari. Penggunaan kedua sunscreen juga bergantung dari cocok atau tidaknya di kulit ya!

Kalau kalian cocok sunscreen yang mana? Jangan lupa untuk selalu menggunakan dan re-apply sunscreen sebelum keluar ruangan ya!

Artikel Terkait

Menyambangi ET 45 Toko Rilisan Fisik Legendaris di Medan

FT News - Bagi pecinta musik, tak lengkap rasanya...

Baim Cilik: Lolly Nggak Waras

FT News – Baim Cilik menyebut Lolly anak Nikita...

IShowSpeed Kontak Mamat Alkatiri, Minta Ditemenin ke Papua

FT News – Komika Mamat Alkatiri dihubungi oleh tim...

Nikita Mirzani Sebut Khodam Razman Arif Nasution Kura-Kura Ninja

FT News – Nikita Mirzani Mawardi meluapkan emosinya melalui...

IShowSpeed Naik Ayunan di Pinggir Tebing: Santai, Santai!

FT News - Dalam rangka tur di negara ASEAN, Youtuber...