Setelah Minum Susu Perut Terasa Mulas, Mengapa ya?

Forumterkininews.id, Jakarta – Pernahkah kamu merasakan sakit perut setelah minum susu? Ternyata hal tersebut juga biasa terjadi pada sebagian orang loh! Mengapa ya hal tersebut dapat terjadi? Padahal, susu merupakan minuman yang bermanfaat untuk tubuh.

Timbul rasa tak nyaman, kembung, begah atau diare setelah minum susu, terjadi karena sistem pencernaan kita tidak mampu mencerna zat laktosa yang terkandung dalam susu sapi.

Gejala itu umumnya muncul 30 menit hingga 2 jam setelah mengonsumsi susu sapi. Hal ini biasa disebut dengan intoleransi laktosa.

Mengutip laman Kementerian Kesehatan, intoleransi laktosa merupakan sebuah kondisi kekurangan tingkat enzim pada tubuh atau laktase, sehingga tubuh tidak mampu mencerna laktosa.

Laktosa di dalam tubuh akan diurai menjadi gluktosa dan galaktosa oleh enzim laktase. Namun, pada mereka yang menderita intoleransi laktosa, enzim laktase dalam tubuh tidak sesuai. Laktosa tidak dapat tubuh proses dengan baik. Dari sanalah, bakteri yang ada di dalam usus besar yang akan melakukan proses fermentasi laktosa menjadi asam dan gas.

Di Indonesia sendiri, intoleransi laktosa sering terjadi pada banyak orang. Nenek moyang orang Asia, tidak terbiasa minum susu sapi dalam kesehariannya yang mengakibatkan kemampuan produksi enzim laktasenya berkurang.

Karena hal ini, banyak orang yang akhirnya tidak mau minum susu. Padahal susu sapi mengandung banyak vitamin dan mineral bahkan protein terbaik setelah telur.

Oleh karena itu, bagi kalian yang juga mengalami hal ini, kalian dapat memilih untuk meminum susu dengan plant based atau mencari susu yang bebas laktosa. Namun, jika hal ini terjadi lebih lama dan semakin parah, segeralah untuk menghubungi dokter ya!

Artikel Terkait

Sah! Gamers Cantik Listy Chan Mualaf

Nama Listy Chan, gamers cantik yang sempat populer di...

Duo Anggrek Comeback Lewat Mekar: Lebih Fresh

Penghujung tahun 2024, Duo Anggrek yang diawaki Devay dan...

Salim Nauderer Ngaku Selingkuh, Rachel Vennya Diteror Ayah Azizah Salsha?

Ahmad Ramzy, mantan kuasa hukum Salim Nauderer memastikan kalau...