Selebriti China Dilarang Pamer Kekayaan di Medsos

Forumterkininews.id, Beijing – Para selebriti di China diimbau untuk tidak menampilkan kekekayaan mereka di media sosial. Hal itu dilarang karena pamer kekayaan di Negeri Tirai Bambu itu dianggap melanggar nilai-nilai inti sosialisme.

Partai Komunis China yang berkuasa pimpinan Xi Jinping, memimpin tindakan keras terhadap setiap postingan tentang kekayaan yang mencolok.

Kini, tidak ada lagi  gambar Lamboghini, Rolex, atau rumah-rumah mewah yang diizinkan terpampang di media sosial.

Menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Administrasi Ruang Siber China minggu ini, konten semacam itu dianggap ‘tidak etis’.

“Budaya buruk seperti supremasi lalu lintas, estetika yang tidak normal, dan kekacauan, telah berdampak pada nilai-nilai mainstream,” demikian bunyi pernyataan itu seperti dikutip Metro.co.uk, Senin (29/11).

Selain itu, setiap akun selebriti (atau akun buatan penggemar dalam hal ini) harus mengikuti ketertiban umum dan kebiasaan yang baik, mematuhi orientasi opini publik dan orientasi nilai yang benar, mempromosikan nilai-nilai inti sosialis, dan mempertahankan gaya dan selera yang sehat.

Ini tidak hanya terbatas pada selebriti yang memposting kekayaan. Akan tetapi  mereka juga harus menahan diri dari menyebarkan desas-desus, mempublikasikan informasi palsu atau pribadi, memprovokasi kelompok penggemar untuk saling menyerang secara verbal, dan mendorong penggemar untuk mengambil bagian dalam penggalangan dana ilegal atau investasi irasional.

Artikel Terkait