Mencekam! 2.000 Orang di Libya Tewas Tersapu Banjir

Forumterkininews.id, Tripoli-  Badai Mediterania Daniel yang menyebabkan banjir dahsyat di Libya telah menewaskan 2.000 orang pada Senin, (11/9).

Melansir AP, banjir dahsyat itu juga telah merusak bendungan dan menyapu seluruh lingkungan di beberapa kota pesisir di timur negara Afrika Utara itu.

Salah satu wilayah terparah yang direndam banjir adalah Derna. Yang kini bahkan tidak dapat diakses lagi, dan ribuan orang yang hilang di sana diyakini terbawa air setelah dua bendungan di bagian hulu jebol.

Video yang dibuat oleh penduduk kota yang diunggah secara online menunjukkan kehancuran besar. Seluruh kawasan pemukiman tersapu sepanjang sungai yang mengalir dari pegunungan melalui pusat kota. Bangunan apartemen bertingkat yang dulunya terletak jauh dari sungai kini sebagian ambruk ke dalam lumpur.

Dalam wawancara telepon dengan stasiun TV hari Senin, Perdana Menteri Ossama Hamad dari pemerintah Libya timur mengatakan 2.000 orang dikhawatirkan tewas di Derna dan ribuan lainnya diyakini hilang. Dia mengatakan Derna telah ditetapkan sebagai zona bencana.

Sementara itu, Ahmed al-Mosmari, juru bicara angkatan bersenjata negara yang berbasis di timur, mengatakan pada konferensi pers bahwa jumlah korban tewas di Derna telah melampaui 2.000 orang.

Dia mengatakan ada antara 5.000 dan 6.000 orang yang dilaporkan hilang. Al-Mosmari mengaitkan bencana tersebut dengan runtuhnya dua bendungan di dekatnya, yang menyebabkan banjir bandang yang mematikan.

Artikel Terkait