Terungkap, Ini Tujuan Kim Jong Un Lawatan ke Rusia

Forumterkininews.id, Moskow- Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengatakan kunjungannya ke Rusia merupakan bukti jelas akan kepentingan strategis hubungan kedua negara tersebut.

“Kim Jong Un mengatakan bahwa kunjungannya ke Federasi Rusia merupakan wujud nyata sikap kedua negara yang memprioritaskan kepentingan strategis” kata laporan KCNA dikutip CNA, Rabu (13/9).

Gambar yang dirilis oleh KCNA juga menunjukkan Kim tiba di stasiun kereta api di kota perbatasan Khasan pada Selasa pagi dan disambut oleh pejabat senior dari Moskow dan tempat lain.

Baca Juga: Kim Jong Un ke Rusia, AS Ketar-ketir Bakal Pasok Senjata

Dia juga ditampilkan bertemu dengan Menteri Sumber Daya Alam Rusia Alexander Kozlov.

Pergerakannya sejak saat itu tidak jelas tetapi kantor berita Jepang Kyodo dan media Korea Selatan melaporkan bahwa ia mungkin bertemu Putin di kosmodrom Vostochny, sebuah pelabuhan antariksa di Rusia timur.

Putin sendiri saat ini menghadiri Forum Ekonomi Timur di Vladivostok, kota pelabuhan Pasifik yang paling dekat dengan perbatasan Korea Utara, meskipun belum ada indikasi bahwa dua negara yang terisolasi secara internasional tersebut akan mengadakan pembicaraan di sana.

Perjalanan tersebut juga menandai kunjungan pertama Kim ke Rusia dalam hampir empat tahun dan kunjungan luar negeri pertamanya setelah pandemi di seluruh dunia,

Artikel Terkait