Auto2000 Bengkel Uji Emisi Tersertifikasi DLH

Forumterkininews.id, Jakarta – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta mewajibkan bengkel yang melaksanakan uji emisi harus tersertifikasi. Auto2000 Lenteng Agung merupakan bengkel tersertifikasi DLH.

Auto2000 merupakan jaringan usaha PT Astra International Tbk, sudah tersertifikasi DLH dalam pelaksanaan uji emisi sejak tahun 2021. Sertifikasi ini agar kendaraan yang telah lakukan uji emisi bisa terdaftar pada sistem DLH.

Auto2000 cabang Lenteng Agung menjadi salah satu tempat bengkel tersertifikasi DLH untuk melakukan uji emisi. Bahkan sejak 4 September hingga 31 Desember 2023 mereka melaksanakan uji emisi gratis bagi pelanggan Astra.

Service Head Auto2000 Lenteng Agung, Adhara Edy Prabowo menjelaskan, Auto2000 sudah mendapat sertifikasi sejak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memperketat aturan uji emisi gas buang pada akhir 2021.

“Waktu itu pada fase pertama uji emisi 2021 akhir, jadi malah Pemprov yang kejar, karena mereka punya target bahwa tempat uji emisi harus ada sekian banyak di daerah ini. Justru saat kita mengajukan, mereka gerak cepat juga. Mereka juga membantu dalam sertifikasi,” jelas Adhara pada Forumterkininews.id di bengkel Auto2000 Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (12/9).

Auto2000 Sediakan Alat Tersertifikasi

“Terkait peraturan uji emisi, Auto2000 jauh-jauh hari sudah mempersiapkan baik peralatan maupun tenaga pelaksana yang sesuai standar pemerintah terutama Auto2000 di wilayah DKI Jakarta,” ujar Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000 dikutip halaman resminya.

Adhara mengungkapkan, dalam mendapatkan sertifikasi dari DLH cukup panjang. Pihak Auto2000 membutuhkan waktu sekitar satu bulan.

“Pertama itu kita bikin surat pengajuan menjadi tempat pelaksana uji emisi. Lalu persyaratan selanjutnya, kita harus punya teknisi yang telah sertifikasi uji emisi, jadi waktu itu kita kirim teknisi untuk sertifikasi dulu,” ungkapnya

BACA JUGA:   GM Klaim Ford Rebut Posisi Kedua Penjualan Mobil Listrik

Kemudian, alat penguji emisi pun harus tersertifikasi DLH dan dilakukan kalibrasi tiap tahunnya.

“Kalau tidak kalibrasi yang pengukurannya tidak tepat,” lanjutnya.

Lebih lanjut, antusiasme pelanggan Auto2000 dalam melakukan uji emisi cukup tinggi. Sejak pelaksanaan uji emisi gratis sejak 4-12 September 2023, sudah 100 mobil yang sudah melakukan uji emisi.

Artikel Terkait