Malaysia Jiplak Lagu “Halo-Halo Bandung”, Dubes Indonesia Berikan Tanggapan

Forumterkininews.id, Kuala Lumpur – Malaysia diklaim telah jiplak lagu “Halo-Halo Bandung’ Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Hermono berikan tanggapannya.

Menanggapi dugaan pelanggaran hak cipta lagu tersebut, Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Hermono mengatakan, pihak KBRI masih mengumpulkan bukti-bukti terkait plagiarisme tersebut.

“Kami masih mengumpulkan informasi lebih detail,” ujarnya seperti dikutip The Malaysia Insgiht.

Video lagu berjudul “Helo Kuala Lumpur” di channel YouTube Lagu Kanak TV menuai kontroversi di kalangan pengguna media sosial Indonesia. Di mana lirik dan melodi lagu tersebut mirip dengan lagu Indonesia “Halo, Halo Bandung”.

Media di Indonesia menyebutkan saluran YouTube Lagu Kanak TV mengunggah video lagu tersebut pada tahun 2018. Kemudian unggah lagi pada tahun 2020 di saluran yang sama.

“Lagu ‘Helo Kuala Lumpur’ hampir mirip dengan lagu Indonesia ‘Halo, Halo Bandung’, kata CNBC Indonesia yang membandingkan beberapa lirik di kedua video lagu tersebut.

CNN Indonesia juga memberitakan, lagu “Helo Kuala Lumpur” hanya mengubah beberapa kata dari lirik asli “Halo, Halo Bandung”. Lagu yang diciptakan Ismail Marzuki.

Video lagu tersebut menjadi perbincangan di platform X yang dulu bernama Twitter sejak Senin lalu. Karena melodinya yang mirip dengan “Halo, Halo Bandung”.

Ismail atau yang lebih dikenal dengan nama Bang Maing, lahir di Jakarta pada tanggal 11 Mei 1914 dan meninggal pada tanggal 25 Mei 1958. Serta dianugerahi gelar Pahlawan Nasional Indonesia secara anumerta pada tahun 2004.

Artikel Terkait

Jepang Dilanda Banjir Bandang Tewaskan 6 Orang

FT News – Negeri Sakura dilanda banjir bandang dan...

China Desak Warganya Tinggalkan Israel, Bersiap Serang?

FT News – China mendesak warganya di Israel untuk...

Viral Pendaki Gunung Rekam Detik-detik Dirinya Terperosot Saat Mendaki Gunung

FT News - Kegiatan mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan...

Aktivis Lingkungan Greta Thunberg Dukung Palestina dalam Demonstrasi di Stockholm

FT News - Aktivis lingkungan kondang asal Swedia, Greta Thunberg,...