Terus Bertambah, Total 11.300 Orang Tewas Karena Banjir Libya

Forumterkininews.id, Tripoli- Korban tewas akibat banjir di kota pesisir Derna, Libya telah melonjak menjadi 11.300 orang  pada Kamis, (14/9), ketika upaya pencarian terus dilakukan menyusul banjir besar yang disebabkan oleh jebolnya dua bendungan itu.

Melansir AP, Sekretaris jenderal kelompok bantuan Bulan Sabit Merah, Marie el-Drese, menyebut bahwa 10.100 orang lainnya dilaporkan hilang di kota Derna.

Otoritas kesehatan sebelumnya juga menyebutkan jumlah korban tewas di Derna sebanyak 5.500 orang. Badai tersebut juga menewaskan sekitar 170 orang di tempat lain di negara tersebut.

Baca Juga: Banjir Libya: Korban Tewas Capai 5300 Orang, 10.000 Masih Hilang

“Derna telah mulai menguburkan jenazah, sebagian besar di kuburan massal,” kata Menteri Kesehatan Libya Timur, Othman Abduljaleel.

Abduljaleel mengatakan tim penyelamat masih mencari reruntuhan bangunan di pusat kota, dan penyelam menyisir laut di dekat Derna.

Tak terhitung banyaknya yang terkubur di bawah lumpur dan puing-puing, termasuk mobil yang terbalik dan bongkahan beton, yang tingginya mencapai 4 meter (13 kaki). Tim penyelamat juga kesulitan membawa peralatan berat ketika banjir menghanyutkan atau memblokir jalan menuju daerah tersebut.

Sementara itu, Parlemen Libya yang berbasis di wilayah timur pada hari Kamis menyetujui anggaran darurat sebesar 10 miliar dinar Libya atau sekitar USD2 miliar – untuk mengatasi banjir dan membantu mereka yang terkena dampak.

Kantor kemanusiaan PBB bahkan mengeluarkan permohonan darurat sebesar USD71,4 juta untuk menanggapi kebutuhan mendesak 250.000 warga Libya yang paling terkena dampak. Kantor tersebut, yang dikenal sebagai OCHA, memperkirakan sekitar 884.000 orang di lima provinsi tinggal di daerah yang terkena dampak langsung hujan dan banjir.

Artikel Terkait