KAI Beri Diskon Tiket 20 Persen bagi Penyandang Disabilitas

Forumterkininews.id, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan potongan harga tiket kereta api jarak jauh sebesar 20 % untuk penyandang disabilitas. Diskon ini berlaku untuk semua kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi.

Mengutip keterangan resmi KAI, potongan ini mulai sejak Minggu, 17 September 2023 kemarin bersamaan dengan peringatan Hari Perhubungan Nasional.

Penyandang disabilitas dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan wajib registrasi di customer service stasiun selambatnya H-2 keberangkatan kereta api.

Saat registrasi, penyandang disabilitas membawa surat keterangan asli dokter rumah sakit/puskesmas yang menyatakan yang bersangkutan adalah penyandang disabilitas.

Pelanggan disabilitas hanya melakukan registrasi sekali saja, kemudian pelanggan disabilitas dapat membeli tiket dengan tarif potongan harga melalui aplokasi Access H-45 atau di loket.

Registrasi ini juga dapat diwakilkan oleh orang lain, dengan membawa surat keterangan asli dokter rumah sakit/puskesmas, KTP asli, dan pas foto milik penyandang disabilitas yang didaftarkan.

Kemudian, pada saat boarding, pelanggan disabilitas wajib menunjukkan bukti KTP asli atau surat keterangan asli penyandang disabilitas. Jika tidak bisa menunjukkan bukti KTP asli atau surat keterangan asli penyandang disabilitas, maka tiket akan hangus.

Adapun potongan harga kepada penyandang disabilitas ini sebagai wujud dari kepedulian KAI terhadap masyarakat disabilitas.

Artikel Terkait