Besok, Wisata Gunung Bromo Kembali Dibuka Pascakarhutla

Forumterkininews.id, Malang – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) memutuskan kembali membuka akses wisata di kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur, pascakebakaran hutan dan lahan (karhutla) beberapa waktu lalu.

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani mengatakan, pembukaan tersebut pihaknya lakukan setelah pemadaman berhasil dan kondisi kawasan dipastikan telah aman.

“Kunjungan wisatawan dibuka mulai Selasa, 19 September 2023, pukul 00.01 WIB,” kata Septi di Kota Malang, Senin.

Mengutip Antara, pembukaan akses wisata ke Gunung Bromo tersebut pada empat pintu masuk. Pintu masuk itu yakni mulai dari Coban Trisula, Kabupaten Malang, Wonokitri Kabupaten Pasuruan, Cemoro Lawang, Kabupaten Probolinggo dan Senduro Kabupaten Lumajang.

Menurutnya, bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke Bromo, pembelian karcis masuk kawasan taman nasional dan sekitarnya hanya dapat dilakukan melalui tautan http://bookingbromo.bromotenggersemeru.org. Tidak ada pembelian langsung di pintu masuk.

“Tidak ada pembelian karcis Bromo secara offline di seluruh pintu masuk. Kecuali sistem booking online sedang bermasalah,” ucapnya.

Sementara itu untuk pengunjung yang sebelumnya telah melakukan pembelian karcis melalui sistem booking online pada 7-18 September 2023, bisa mengajukan penjadwalan ulang melalui tautan http://bit.ly/reschedulebromo092023.

Kawasan wisata ke Ranu Regulo dan Ranu Darungan juga telah pengelola buka untuk pengunjung. Untuk kunjungan pada titik tersebut, pembelian karcis bisa langsung di pintu masuk kawasan.

“Untuk pendakian Gunung Semeru, masih ditutup karena tingkat aktivitas kegunungapian masih berada pada level III atau siaga,” tambahnya.

Ia menegaskan, para calon pengunjung dan pelaku jasa wisata yang akan beraktivitas di kawasan taman nasional tersebut wajib mematuhi seluruh peraturan yang berlaku di dalam kawasan. Mengingat saat ini masih dalam masa waspada bahaya kebakaran.

BACA JUGA:   Menpora: Contoh Nasi Boks yang Beredar di Medsos untuk Panpel PON bukan Atlet

Pengunjung pengelola larang membawa peralatan yang bisa memicu karhutla seperti kembang api, petasan, flare atau suar. Termasuk larangan pembuatan api unggun atau perapian.

Karhutla Landa Bromo

Sebelumnya, kawasan wisata Bromo pengelola tutup sejak 6-18 September 2023 akibat kebakaran yang terjadi pada Rabu (6/9). Kebakaran terjadi karena ulah pengunjung yang menggunakan flare untuk kepentingan pengambilan gambar (pre wedding).

Karena ulah itu, karhutla melumat kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Sebanyak 504 hektare lahan savana di kawasan itu pun hangus dan rusak terdampak karhutla.

Kawasan Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Jawa Timur. Tahun 2022, jumlah kunjungan mencapai 318.919 wisatawan. Terdiri dari 310.418 wisatawan nusantara dan 8.501 wisatawan asing.

Dari total jumlah kunjungan wisatawan tahun 2022 itu, Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) mencapai Rp 11,65 miliar. Jumlah ini yang meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya Rp 4,85 miliar.

Artikel Terkait