Kejahatan Meningkat, Peru Umumkan Keadaan Darurat

Forumterkininews.id, Lima- Presiden Peru Dina Boluarte mengatakan pada Senin (18/9), bahwa pemerintahannya telah mengumumkan keadaan darurat di tiga distrik yang dilanda lonjakan kejahatan di negara itu.

“Status darurat diumumkan di distrik San Juan de Lurigancho dan San Martin de Porras, keduanya di ibu kota Lima, dan di distrik utara Talara,”kata Boluarte dalam sebuah pernyataan dikutip Reuters.

Keputusan tersebut, menurut Perdana Menteri Alberto Otarola akan mulai berlaku pada hari Selasa.

Baca Juga: Geger! Penduduk Desa Peru Ngaku Diteror Alien Raksasa

Dalam beberapa hari terakhir, polisi melaporkan serangan di San Juan termasuk pelemparan granat perang ke sebuah klub malam, yang disertai serangan granat lain di dekatnya menyebabkan sedikitnya 15 orang terluka.

Laporan kejahatan ke polisi di Lima juga meningkat menjadi hampir 160.200 pada tahun lalu, dibandingkan dengan 120.350 pada tahun 2021, menurut kantor ombudsman negara tersebut.

Selain itu, pemerintah setempat dalam beberapa hari terakhir telah meminta angkatan bersenjata untuk membantu polisi memerangi kejahatan, dan beberapa anggota parlemen sayap kanan bahkan telah mengusulkan tindakan keras serupa dengan yang dilakukan Presiden Nayib Bukele di El Salvador.

Namun pemerintah Peru mengesampingkan tindakan tersebut.

Artikel Terkait