Hendry Ch Bangun Terpilih sebagai Ketua Umum PWI 2023-2028

Forumterkininews.id, Bandung – Hendry Ch Bangun terpilih sebagai ketua umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat periode 2023-2028 dalam Kongres PWI XXV di Hotel El, Bandung, Jawa Barat yang berakhir Rabu (27/9) dini hari WIB.

Ia berhasil mengalahkan rival sekaligus incumben, Atal S Depari. Hendry meraup 47 suara, unggul enam suara atas Atal dengan 41 suara, pada putaran kedua. Pada putaran pertama, Hendry merebut 39 suara, terpaut satu suara dengan Atal (40), serta Zulmansyah Sekedang (9).

Hendry bukan orang baru di lingkungan PWI. Mantan wartawan Kompas dan pernah menangani harian Warta Kota itu sebelumnya pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen PWI Pusat) di masa ketua umum alm Margiono pada periode 2008-2018.

Pada Kongres XXIV PWI tahun 2018 di Surakarta, Jawa Tengah, Hendry pernah bersaing dalam perebutan kursi ketua umum PWI Pusat bersaing melawan Atal S Depari. Namun, kala itu ia kalah dengan selisih tipis, tiga suara.

Pada Kongres di Bandung kali ini mantan Wakil Ketua Dewan Pers itu kembali bersaing. Dan, seperti pada kongres lima tahun lalu kejar mengejar perolehan suara pun kembali terjadi. Hendry akhirnya memenangkan kompetisi yang keduanya ini dengan kemenangan 47 suara.

Hendry berjanji akan merangkul pengurus PWI daerah untuk bersama-sama membangun organisasi kewartawan tertua di Indonesia ini.

“Alhamdulillah, terima terima kasih kepada seluruh wartawan PWI di Indonesia. Ini sebuah tantangan besar untuk mewujudkan visi dan misi PWI ke depannya,” kata Hendry seusai kongres.

Menurutnya, pemilihan berlangsung demokratis sehingga dapat dijadikan contoh demokrasi, Ia pun menegaskan bahwa PWI harus bisa menjadi rumah bersama dan harus semakin kompak dan solid.

Ia juga menyampaikan rencananya untuk meningkatkan pendidikan dan kompetensi dalam PWI serta mengajak semua anggota PWI untuk bekerja sama membangun organisasi ini lebih baik lagi.

Selain memilih ketua umum PWI Pusat, kongres juga memilih ketua Dewan Kehormatan (DK). Terpilih secara aklamasi Sasongko Tedjo menggantikan Ilham Bintang.

 

BACA JUGA:   Pemkab Bekasi Buka Lelang 67 Proyek Infrastruktur

 

Artikel Terkait