Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung Bakal “Soft Launching” 1 Oktober 2023

Forumterkininews.id, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan soft launching atau peresmian kereta cepat Jakarta-Bandung pada 1 Oktober 2023.

“Kereta api cepat, Presiden mungkin akan lakukan soft launching 1 Oktober,” kata Luhut usai rapat terbatas Integrasi Moda Transportasi Publik di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (27/9).

Usai soft launching, kereta api cepat Jakarta-Bandung bernama “Whoosh” ini dapat publik gunakan.

Terkait harga tiketnya, Luhut memperkirakan akan diumumkan pada 1 Oktober 2023.

Menurut Luhut, Presiden Jokowi akan memberikan diskon harga tiket kereta cepat dalam periode tertentu. Tujuannya agar dapat masyarakat luas gunakan.

“Tadi baru dibicarakan akan memberikan diskon berapa lama dulu nanti bertahap. Jadi basically, presiden itu ingin supaya semua kita bisa menikmati dengan harga yang bagus tapi ini juga jalan,” kata Luhut melansir Antara.

Uji Coba

Sebelumnya, Presiden Jokowi melakukan uji coba Whoosh pada 13 September 2023. Presiden melakukan uji coba kereta cepat dengan titik awal perjalanan dari Stasiun Halim, Jakarta, yang berakhir di Stasiun Padalarang, Jawa Barat. Hanya butuh waktu 28 menit untuk tiba di stasiun Padalarang dari Halim.

Kemudian, Presiden Jokowi melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Bandung di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, dengan kereta api pengumpan (feeder).

Operator kereta cepat PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) juga telah membuka partisipasi masyarakat untuk mengikuti uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung.

Uji coba kereta cepat tahap dua bagi masyarakat akan KCIC lakukan pada 25-30 September 2023. Dalam uji coba terbatas, KCIC melayani empat jadwal perjalanan pulang pergi (PP) Jakarta-Bandung. Sehingga terdapat delapan perjalanan Whoosh setiap hari.

Kereta cepat Jakarta-Bandung dapat melaju hingga 350 kilometer per jam. Waktu tempuh Jakarta-Bandung pun dapat dipangkas menjadi hanya sekitar 45 menit.

Artikel Terkait