Anak Muda Dibutuhkan untuk Kembangkan Ekonomi Hijau

Forumterkininews.id, Jakarta – Generasi muda bangsa memiliki peran yang cukup penting dalam mengembangkan ekonomi hijau di Indonesia.

Hal itu Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko tegaskan saat menjadi pembicara dalam acara Technoz Ecofest di Jakarta, Rabu (27/9).

“Ekonomi sekarang sedang bertransformasi ke ekonomi hijau tentu generasi muda ini perlu terlibat. Pertama bangun awareness, kedua terlibat di dalamnya dan ketiga ambil keuntungannya juga,” kata Moeldoko dalam keterangannya. 

Menurutnya, ekonomi hijau bermanfaat dalam perekonomian global serta menurunkan efek negatif pada iklim. 

Oleh sebab itu, generasi muda harus aktif mempelajari ekonomi hijau dengan memadukan kesejahteraan lingkungan.

Salah satu upaya mendukung ekonomi hijau yang bisa generasi muda lakukan sehari-hari di antaranya mengelola sampah dan menggunakan transportasi umum.

Di samping itu, ekonomi hijau juga bisa dimanfaatkan sebagai komoditi.

“Green economy itu membuka dua cabang, sisi kebijakan dan sisi komoditi yang bisa dimainkan berbagai pihak termasuk anak muda,” ungkapnya.

Memang, ekonomi hijau tergolong baru dan butuh dipelajari lebih dalam. Termasuk bagaimana cara mengurangi emisi. Saat ini lanjutnya, pemerintah sudah mengeluarkan regulasi mengenai emisi.

Salah satunya Bursa Karbon Indonesia yang pemerintah sebut menguntungkan.

“Kita bisa mendapat keuntungan hingga Rp3.000 triliun (dari bursa karbon). Anak muda jangan hanya lihat pesimisnya tapi ambil juga keuntungannya,” jelasnya.

Pria 66 tahun itu mengatakan potensi anak muda dalam ekonomi hijau sangat besar. Lapangan kerja dari berbagai sektor seperti pertanian, pariwisata dan energi bisa menjadikan ladang bisnis yang baik.

“Negara ini tidak hanya dikelola pemerintah, tapi seluruh stakeholders harus terlibat, termasuk kalangan muda juga,” ucap Moeldoko.

Artikel Terkait