Sedang Batuk? Coba Konsumsi 4 Makanan Ini

Forumterkininews.id, Jakarta- Tingginya polusi udara saat ini, membuat tubuh kita rentan mengalami sakit di bagian pernapasan. Batuk, pilek, dan radang tenggorokan merupakan sakit yang saat ini banyak ditemui akibat cuaca serta polusi udara.

Penyakit tersebut tentunya menghambat dan mengganggu aktivitas kita. Saat batuk, biasanya nafsu makan akan turun. Namun, kita tetap perlu mengonsumsi makanan yang bergizi agar cepat pulih dan meningkatkan imunitas kita.

Nah, berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa dikonsumsi dan dapat mengatasi batuk.

1. Sup
Sup adalah pilihan yang sangat direkomendasiin untuk dikonsumsi saat batuk melanda. Karena sup mengandung banyak vitamin dan mineral dari kaldu dan sayuran. Sup juga dapat menghangatkan tenggorokan sehingga dapat meredakan batuk. Selain itu, sup juga dapat mencegah seseorang dari dehidrasi karena kandungannya memiliki banyak air.

2. Jahe

Sejak zaman dahulu, jahe sudah menjadi rempah tradisional yang dijadikan obat oleh nenek moyang. Menurut sebuah penelitian terhadap bayi dan anak kecil, jahe memiliki kandungan antivirus yang ampuh melawan batuk dan pilek. Jahe dapat dikonsumsi secara langsung atau dicampurkan ke dalam minuman. Jahe yang hangat dapat meredakan sakit di tenggorokan.

3. Yogurt

Mengutip laman Alodokter, yogurt juga termasuk makanan yang dapat mempercepat penyembuhan batuk karena kandungan probiotiknya. Hal ini dapat membuat meningkatnya imunitas seseorang sehingga dapat melawan flu dan batuk.

4. Madu murni

Madu memiliki kandungan anti virus dan anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit saat terjadi batuk. Kemampuan antimikroba dan antiradang yang madu punya dapat membantu tubuh melawan infeksi kuman. Sebuah studi menunjukkan madu dapat meredakan batuk cenderung lebih baik dari pada obat batuk namun, pada penelitian lain memiliki hasil yang berlawanan.

BACA JUGA:   Konsernya Diberhentikan Panitia, Gilga Sahid Lempar Mic di Panggung

Terakhir, walaupun banyak makanan yang dapat meredakan batuk, tapi tetep jangan lupa untuk selalu pastikan tubuh kalian mendapatkan perawatan yang baik, ya. Cara yang paling sederhana adalah rutin minum air putih sesuai kebutuhan harian tubuh.

Artikel Terkait

Trauma Masa Kecil, Surya Saputra Pernah Gagap

Surya Saputra bercerita soal masa lalu yang ternyata, dilewati...

Nasihati El Rumi Jangan jadi Buaya Darat, Maia Estianty: Jangan Seperti…

Maia Estianty memberikan nasihat kepada El Rumi untuk tidak...

Nggak Pacaran, Tingkah Prilly Latuconsina dan Dikta Malah bikin Baper

Prilly Latuconsina dan Dikta dikabarkan berpacaran. Namun dari keduanya,...

Selamat! Aurelie Moeremans Dilamar sang Kekasih

Kabar bahagia datang dari Aurelie Moeremans. Bintang film Partikelir...