Pimpin Penanganan Karhutla, Wamen LHK Ikut Padamkan Api

Forumterkininews.id, Jakarta – Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK) Alue Dohong pimpin rapat koordinasi penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan Selatan. Bahkan Wamen LHK pun terjun langsung memadamkan api.

Rapat  berlangsung Senin (2/10). Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL) KLHK Hanif Faisol Nurofiq, Wakil dari Ditjen PPI dan Ditjen KSDAE ikut mendampingi Wamen LHK.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Korem 101/Antasari, Polda Kalsel serta instansi terkait di Posko lapangan Guntung Damar Banjarbaru juga ikut dalam rapat tersebut.

Bahkan, Wamen LHK dan Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan juga ikut memadamkan karhutla gambut di kawasan Guntung Damar dan Hutan Lindung Liang Anggang.

“Ini kondisi emergency, prinsipnya kita kerja bareng, mobilisasi semua sumber daya yang ada, tenaga, peralatan dan semuanya. Polanya pemadaman di darat dan kombinasi dengan water bombing,” tegas Alue Dohong dalam keterangan tertulis KLHK, di Jakarta, Senin (2/10).

Dirjen PKTL KLHK Hanif Faisol Nurofiq mengungkapkan, saat ini karhutla parah melanda Kalimantan Selatan.

“Udara di Banjarmasin dan Banjarbaru tidak sehat dan serangan ISPA meningkat. Ini harus jadi perhatian serius dan perlu langkah percepatan penanganannya,” ucap Hanif.

Ia pun menekankan pentingnya pemetaan permasalahan, rencana penanganan karhutla jangka pendek dan menengah hingga sinergi. Terutama untuk penanganan karhutla di sekitar Bandara Syamsuddin Noor, Kota Banjarbaru dan beberapa kabupaten rawan karhutla.

Sementara itu, KLHK telah aktif mengupayakan serangkaian kegiatan pengendalian karhutla, sejak prediksi El Nino awal tahun 2023.

KLHK pun meningkatkan pencegahan, pemadaman dan penanggulangan pada September-Oktober. Periode ini akan menjadi puncak musim kemarau tahun 2023.

Artikel Terkait