Rekor! 1.000 Warga Bangladesh Tewas Akibat DBD Tahun Ini

Forumterkininews.id, Dhaka- Jumlah korban tewas akibat wabah demam berdarah (DBD) di Bangladesh tahun ini mencapai angka 1.000 orang.

Melansir Reuters, setidaknya 1.017 orang telah meninggal dan hampir 209.000 orang terinfeksi. Ini menjadikan tahun ini sebagai tahun paling mematikan sejak DBD menyerang Bangladesh.

Saat ini, rumah sakit sedang berjuang untuk menyediakan ruang bagi sejumlah besar pasien. Khususnya mereka yang menderita demam tinggi, nyeri sendi dan muntah-muntah, sementara ada kekurangan cairan infus.

Baca Juga: Kecelakaan Bus Tewaskan 19 Orang di Bangladesh

“Meskipun pasien dari Dhaka mengalami penurunan dalam beberapa hari terakhir, jumlah pasien di daerah pedesaan Bangladesh telah meningkat. Dan hal ini mengkhawatirkan,”kata seorang pejabat rumah sakit.

Saat ini, tidak ada vaksin atau obat yang secara khusus mengobati demam berdarah. Hal yang umum terjadi di Asia Selatan selama musim hujan bulan Juni hingga September. Karena nyamuk Aedes aegypti yang menyebarkan penyakit ini tumbuh subur di air yang tergenang.

Ahli entomologi dan epidemiologi mengatakan kenaikan suhu dan musim hujan yang lebih panjang memberikan kondisi ideal bagi nyamuk untuk berkembang biak.

Lonjakan kasus juga telah mendorong pemerintah untuk meningkatkan kampanye anti-demam berdarah, mulai dari meningkatkan kesadaran hingga upaya untuk membunuh jentik nyamuk setelah musim hujan, kata para pejabat.

Namun, kurangnya tindakan pencegahan yang tepat telah memungkinkan nyamuk pembawa demam berdarah menyebar ke seluruh Bangladesh, kata Kabirul Bashar, ahli entomologi dan profesor zoologi di Universitas Jahangirnagara.

Artikel Terkait