BKSAP Soal Serangan Hamas: Akibat Diamnya Dunia Internasional

Forumterkininews.id, Jakarta- Menyikapi tensi dan konflik yang memanas antara Israel dan Palestina, Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon menyebut, apa yang terjadi sekarang ini adalah akibat diamnya dunia internasional dan PBB atas penindasan Israel pada rakyat Palestina.

“Serbuan Hamas atas Israel adalah akibat penyerangan pendudukan Israel yang terus menerus terhadap Masjid Al-Aqsa, aneksasi atas tanah warga Palestina, provokasi sentimen anti-Palestina, Yahudisasi yang terus meluas,  blokade dan isolasi Jalur Gaza sejak tahun 2006. Ini gambaran umumnya,” ujar Fadli dalam keterangan tertulisnya, Senin (9/10).

Menurutnya, tak bisa menyebut Hamas sebagai  teroris. Di sisi lain, ia menjelaskan contoh kejahatan Israel sepanjang tahun 2023.

“Jangan lupa bahwa menurut PBB sejak awal 2023 Israel telah membunuh hampir 300 warga Palestina di Tepi Barat. Demikian juga provokasi penyerbuan sekitar 4.000 pemukim Israel terhadap kompleks Masjid Al-Aqsa sepanjang Juni lalu. Namun sayang, dunia internasional tak melakukan langkah konkret apapun, termasuk PBB. Ini penting untuk diingatkan,” tukasnya.

Lebih jauh, Fadli meminta komunitas internasional untuk berintrospeksi.

“Saya menekankan bahwa apa yang tengah terjadi sekarang jelas-jelas sinyal dari kegagalan komunitas internasional termasuk PBB, negara-negara besar, dan lemahnya penegakkan tatanan dunia berbasis aturan. Selama ini, komunitas global termasuk PBB seolah membiarkan kejahatan Israel,” tandasnya.

Artikel Terkait