Rangkuman Peristiwa di Hari Keempat Perang Israel- Palestina

Forumterkininews.id, Gaza- Pasca serangan Hamas ke Israel pada Sabtu, (7/10), mata dunia kini terus tertuju pada eskalasi konflik dua negara yang sejak dulu berseteru itu.

Melansir CNA, Selasa (10/10), berikut adalah beberapa peristiwa penting yang terjadi di hari keempat perang Israel- Palestina.

Blokade Jalur Gaza

Israel melanjutkan blokadenya di Jalur Gaza pada Selasa (10/10), menggempur daerah kantong berpenduduk 2,3 juta orang itu dengan serangan-serangan yang menghantam sekolah-sekolah serta gedung-gedung perumahan.

Serangan gencar tersebut merupakan bagian dari janji balas dendam Israel setelah militan Hamas mengamuk di kota-kota Israel selatan pada hari Sabtu, menembak mati atau menculik warga sipil.

Israel kirim 300.000 tentara 

Israel telah mengerahkan 300.000 tentara cadangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Memicu kekhawatiran bahwa mereka mungkin merencanakan serangan darat.

Hal ini akan menimbulkan risiko terjadinya pertempuran jarak dekat di daerah padat penduduk, termasuk di terowongan bawah tanah dan di sekitar sandera.

Pengepungan Gaza menyalahi hukum internasional

Kepala hak asasi manusia PBB Volker Turk mengatakan pengepungan total yang dilakukan Israel di Jalur Gaza, menyalahi hukum internasional.

WHO bangun koridor kemanusiaan

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyerukan membangun koridor kemanusiaan di dalam dan di luar Gaza. Hal ini untuk menyalurkan pasokan medis yang penting.

Hamas ancam eksekusi tawanana Israel 

Hamas mengatakan pihaknya akan mengeksekusi seorang tawanan Israel untuk setiap pemboman Israel terhadap rumah warga sipil.

Artikel Terkait