Penyakit Katarak, Kenali Penyebab dan Pencegahannya

Forumterkininews.id, Jakarta – Gangguan penglihatan masih menjadi masalah utama di Indonesia. Di mana sebagian besar kebutaan tertinggi disebabkan oleh katarak. Bahkan secara global hingga 2020 penyandang katarak telah mencapai lebih dari 100 juta orang dengan 17 juta orang sampai mengalami kebutaan.

Melansir laman p2ptm.kemkes.go.id, katarak merupakan proses degeneratif berupa kekeruhan di lensa bola mata sehingga menyebabkan menurunnya kemampuan penglihatan sampai kebutaan. Kekeruhan ini karena adanya reaksi biokimia yang menyebabkan koagulasi protein lensa.

Umumnya, katarak terjadi karena proses degenerasi yang berhubungan dengan penuaan, karena trauma dan induksi dari obat-obatan. Atau komplikasi dari kondisi sistemik seperti diabetes melitus atau penyakit mata glaukoma dengan uveitis.

Penglihatan yang hilang karena katarak dapat menurunkan dan melenyapkan produktivitas seseorang. Karena penderita katarak harus bergantung pada orang lain untuk menjalankan aktivitasnya dalam sehari-hari.

Sebagai informasi, pencegahan katarak dapat menggunakan beberapa metode berikut, seperti tertulis dalam web halodoc.com :

1. Lindungi mata dari paparan sinar matahari

Jika ingin beraktivitas di luar dengan alam terbuka dan waktu yang lama, kenakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari.

2. Jaga kadar gula darah tetap normal

Kurangi makanan manis, mengontrol porsi makan dan berolahraga. Karena katarak lebih cepat berkembang jika kadar gula darah seseorang tinggi.

3. Kurangi beban kerja mata

Perbaiki pencahayaan di rumah agar lebih terang. Sehingga dapat mudah terlihat jelas saat membaca atau melakukan sesuatu.

4. Berhenti kebiasaan buruk

Berhentilah merokok dan meminum alkohol, juga batasi diri untuk tidak menyetir di malam hari.

5. Periksa mata secara rutin

Jika sudah merasa penglihatan berkurang dan mengganggu aktivitas harian. Periksakan diri rutin ke dokter mata agar bisa menyesuaikan dengan minus mata, bagi pengguna kacamata.

Artikel Terkait