Mangkir, Pegawai KPK Bakal Diperiksa Senin Pekan Depan

Forumterkininews.id, Jakarta – Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mangkir dari panggilan tim penyidik Subdit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya. Pemanggilan terkait dugaan kasus pemerasan pimpinan KPK terhadap penanganan perkara Kementerian Pertanian.

“Pegawai KPK yang dipanggil sebagai saksi untuk diminta keterangan di hadapan penyidik tidak hadir dalam pemeriksaan,” kata Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, kepada wartawan, di Jakarta, Jumat (13/10).

Yang bersangkutan beralasan tidak dapat menjalani pemeriksaan karena sedang berdinas.

“Melalui surat yang dibawa oleh pegawai Biro hukum KPK memohon penundaan pemeriksaan dengan alasan mengikuti giat dinas yang sudah terjadwal sebelumnya,” ujar Ade Safri.

Sementara itu ia mengungkapkan pihaknya telah menjadwalkan ulang pemanggilan terhadap yang bersangkutan pada Senin, 16 Oktober 2023.

“Untuk jadwal pemeriksaan sekitar pukul 10.00 WIB,” ucap Ade Safri.

Sebelumnya, penyidikan kasus dugaan pemerasan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih terus berjalan. Polda Metro Jaya akan memeriksa 11 saksi. Bahkan pegawai KPK pun masuk dalam daftar pemeriksaan tersebut. 

Kombes Pol Ade Safri mengatakan akan melakukan pemeriksaan terhadap pegawai KPK.

“Benar (pegawai KPK) akan dilakukan pemeriksaan,” ujar Ade Safri, di Jakarta, Kamis (12/10).

Lebih lanjut Ade Safri mengatakan, terdapat juga saksi lain yang juga akan pihaknya periksa terkait dugaan pemerasan pimpinan KPK. Namun ia tidak memerinci identitas para saksi tersebut.

Artikel Terkait