Strategi Teknis Kunci Kemenangan Vinales di MotoGp Mandalika

Forumterkininews.id, Jakarta – Strategi teknis menjadi kunci kemenangan pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales. Kemenangan tersebut ia raih saat MotoGp Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/10).

Vinales berhasil membuahkan hasil baik dengan meraih podium kedua pada ajang balap tersebut. Pembalap asal Spanyol tersebut dengan sabar menjaga ban kendaraannya agar konsisten hingga akhir.

“Hari ini saya memanfaatkan pengalaman kemarin. Ketika Martin mulai melaju cepat, saya bersabar, menjaga kondisi ban. Saya tahu bahwa jika saya terlalu keras di awal, itu akan menciptakan kesulitan pada akhir balapan,” jelasnya dikutip Antara, Senin (16/10).

Vinales selama balapan, bersaing sengit menandingi pembalap tim Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia. Pembalap 28 tahun tersebut awalnya memimpin jalannya balapan Mandalika, namun ia harus rela tersalip oleh Bagnaia pada lap ke-19.

Tim Aprilia tersebut gagal melewati Bagnia walaupun sudah memberikan tekanan pada lap akhir.

“Ketika hanya tinggal beberapa lap, saya memutuskan untuk memberi tekanan pada Pecco dan mencoba untuk memenangkan balapan,” ungkap Vinales.

Namun Vinales mengaku puas dengan apa yang ia raih, karena sudah memilih strategi yang tepat untuk mendapat posisi tiga teratas.

“Bagaimana pun, ini masih hasil yang baik dan memastikan bahwa ketika kita memanfaatkan paket teknis kami dengan baik, kita dapat bersaing dengan yang terbaik,” jelasnya.

Sementara, rekan setimnya Aleix Espargaro tidak menorehkan hasil yang baik dengan peringkat ke-10 pada ajang balap tersebut. Espargaro salah memilih ban yang tepat untuk Sirkuit Mandalika.

“Memilih ban belakang yang lunak adalah kesalahan yang pasti. Sayangnya, selama sesi pemanasan pagi ini, saya tidak merasa nyaman dengan ban sedang, dan kami memutuskan untuk mengambil risiko di grid start. Saya memprediksi adanya penurunan, tapi tidak begitu cepat,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Rapat dengan PSSI dan PT LIB, Menpora Bahas Nasib Liga 2

Selanjutnya para pembalap harus bersiap menuju MotoGp putaran ke-16 di Sirkuit Phillip Island, Australia pada 20-22 Oktober 2023 mendatang.

Artikel Terkait