Saut Situmorang Yakin Kapolri Usut Tuntas Kasus Dugaan Pemerasan ke SYL

Forumterkininews.id, Jakarta – Mantan Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang yakin Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mampu usut tuntas kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK ke Syahrul Yasin Limpo dalam penanganan perkara di Kementerian Pertanian (Kementan).

Saut menyampaikan hal tersebut jelang pemeriksaan oleh tim penyidik Subdit Tipikor Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, di Gedung Promoter, Mapolda Metro Jaya, pada Selasa (17/10).

“Saya pikir kalo yang dipertaruhkan pemberantasan korupsi di Indonesia, saya percaya pak Kapolri dari statementnya kelihatan ada upaya yang kali ini kita harus membuat badan anti korupsi ada check and balance dari luar,” kata Saut, kepada wartawan.

Sementara itu Saut berharap tim penyidik bisa mengusut tuntas kasus tersebut agar KPK dapat bekerja sesuai fungsi dan tugasnya.

“Sebenarnya dia (KPK) kan trigger mekanisme. Dia justru mentrigger orang lain supaya antikorupsi. Sekarang kebalikannya. Yang saya bilang sekarang kita minta Polri mentoneup (mengatur kembali) mereka (KPK) supaya kembali ke jalan yang benar dengan kembali ke penegakan hukum,” papar Saut.

Sebelumnya, Tim penyidik Subdit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya meningkatkan status kasus dugaan pemerasan oleh petinggi KPK terhadap SYL ke tahap penyidikan.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan, hal ini pihaknya lakukan usai melaksanakan gelar perkara pada 6 Oktober 2023. 

Artikel Terkait