DPR: Jangan Sampai WNI jadi Korban di Palestina

Forumterkininews.id, Jakarta- Ketua DPR RI Puan Maharani mewanti-wanti pemerintah agar jangan sampai ada Warga Negara Indonesia (WNI) yang jadi korban di Israel atau Palestina.

Puan mengingatkan pemerintah untuk mengoptimalkan proses evakuasi WNI. Menurutnya,negara wajib memberikan jaminan pelayanan dan keselamatan bagi warganya yang berada di daerah konflik.

“Saya menyadari dalam proses evakuasi dari daerah konflik pasti terdapat berbagai kendala di lapangan. Tapi itu bukan  alasan untuk tidak memberikan pelayanan optimal,”katanya, Selasa (17/10).

Meskipun hingga kini tidak ada WNI yang jadi korban, namun katanya ancaman masih cukup tinggi.

“Tetap. negara memiliki kewajiban untuk melindungi warganya yang berada di luar negeri,”imbuhnya.

Puan pun meminta pemerintah memprioritaskan keselamatan WNI, khususnya yang berada di jalur Gaza.

“Persiapan skenario terburuk untuk mengevakuasi WNI harus ada, khususnya mereka yang berada di jalur Gaza. Jangan sampai ada WNI kita yang jadi korban perang,” ungkapnya.

Dalam catatan Kemlu, masih ada WNI yang masuk ke wilayah konflik Israel-Palestina. Puan mengimbau masyarakat Indonesia untuk menunda keberangkatan sampai perang antara militer Israel dengan Hamas mereda. Baik yang hendak mejadi relawan atau mereka yang berencana melakukan wisata religi.

“Saya mengimbau kalau bisa tunda dulu keberangkatan menuju jalur Gaza untuk saat ini. Pemerintah memang baru mengeluarkan Travel Advisory, tapi saya harapkan WNI mempertimbangkan keselamatan,”pungkasnya.

Artikel Terkait