Kasus Covid-19 di Afrika Selatan Melonjak Saat Omicron Menyebar

Forumterkininews.id, Cape Town– Virus corona varian Omicron menjadi kasus dominan di Afrika Selatan dan mendorong lonjakan kasus Covid-19 di negara itu.

Melansir BBC, sekitar 11.500 infeksi Covid baru dilaporkan dalam angka harian terbaru, Kamis (2/12). Itu adalah kenaikan tajam dari 8.500 kasus yang dikonfirmasi sebelumnya.

Sebaliknya, infeksi harian rata-rata antara 200 dan 300 pada pertengahan November.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), omicron sudah terdeteksi setidaknya di 24 negara di seluruh dunia,

Mereka yang sudah memiliki varian lain dari virus corona tampaknya tidak terlindung dari Omicron tetapi vaksin masih diyakini melindungi dari penyakit parah. Hal ini diungkapkan para ilmuwan dari badan kesehatan global dan Institut Nasional untuk Penyakit Menular (NICD) Afrika Selatan.

“Infeksi sebelumnya digunakan untuk melindungi terhadap Delta tetapi sekarang dengan Omicron tampaknya tidak demikian,” kata Anne von Gottberg, ahli mikrobiologi di NICD.

Afrika Selatan adalah negara pertama yang melaporkan varian baru Omicron yang sangat bermutasi.  NICD mengatakan lebih dari 70% dari semua genom virus yang diurutkan bulan lalu adalah varian baru.

India , Ghana, Arab Saudi, dan UEA termasuk di antara negara-negara terbaru yang mengonfirmasi kasus Omicron pertama mereka. Lainnya termasuk Inggris, AS dan Jerman juga melihat orang terinfeksi oleh varian baru.

Banyak pertanyaan tentang Omicron yang masih harus dijawab, termasuk seberapa besar perlindungan yang diberikan vak sin saat ini.

Artikel Terkait