Dapat Desakan Banyak Negara, Israel Ogah Gencatan Senjata

Forumterkininews.id, Gaza- Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa gencatan senjata dalam perang Israel melawan Hamas tidak akan terjadi.

Melansir Reuters, Netanyahu mengatakan gencatan senjata berarti menyerah kepada Hamas. Yang kelompok bersenjatanya menewaskan 1.400 orang dan menyandera lebih dari 230 orang, menurut angka terbaru Israel.

“Seruan untuk gencatan senjata adalah seruan bagi Israel untuk menyerah kepada Hamas. Untuk menyerah kepada terorisme. Ini tidak akan terjadi,” katanya, dalam konferensi pers Senin, (30/10).

Ia bahkan bersumpah akan berjuang sampai Israel memenangkan pertempuran.

Sekutu Israel, Amerika Serikat, juga keberatan dengan desakan gencatan senjata dari sejumlah negara termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Kami tidak percaya bahwa gencatan senjata adalah jawaban yang tepat saat ini,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby.

Ketika pasukan Israel memerangi militan Hamas di wilayah sempit Palestina dan mengirim tank ke pinggiran Kota Gaza, kekhawatiran meningkat mengenai krisis kemanusiaan yang semakin meluas.

Bantuan terbatas telah memasuki Gaza dari Mesir, namun jumlah bantuannya jauh dari ratusan truk per hari.

Philippe Lazzarini, kepala badan PBB untuk pengungsi Palestina UNRWA, menyerukan Dewan Keamanan untuk menuntut gencatan senjata kemanusiaan segera.

“Sistem yang ada untuk mengizinkan bantuan masuk ke Gaza akan gagal kecuali ada kemauan politik untuk membuat aliran pasokan bermakna. Sesuai dengan kebutuhan kemanusiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya,” katanya.

Kantor Perdana Menteri Israel mengatakan pada Senin malam bahwa makanan dan obat-obatan yang memasuki Gaza diperiksa oleh personel keamanan Israel.

“Konvoi tersebut untuk penduduk sipil, dan jika ternyata mereka ditangkap oleh Hamas, maka mereka akan dihentikan,” kata kantor Netanyahu.

Artikel Terkait