Gempa Bumi Guncang Nepal, Getarannya Sampai New Delhi India

Forumterkininews.id, Kathmandu- Gempa bumi berskala 6,4 magnitudo mengguncang Nepal pada Jumat, (3/11). Menyebabkan setidaknya 69 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka.

Pusat Seismologi Nasional Nepal mengatakan gempa terjadi pada pukul 23:47 di distrik Jajarkot, provinsi Karnali. Jajarkot berjarak sekitar 500 km sebelah barat ibu kota Kathmandu.

Awalnya, gempa disebut berkekuatan 6,4 skala Richter, namun Pusat Penelitian Geosains Jerman (GFZ) kemudian menurunkan skalanya menjadi 5,7. Dan survei Geologi AS menetapkan gempa berkekuatan 5,6 skala Richter.

Pejabat setempat mengatakan tidak mungkin menjalin kontak di daerah dekat pusat gempa di Jajarkot, sebuah distrik berbukit dengan populasi 190.000 jiwa dan desa-desa yang tersebar di perbukitan terpencil.

Sementara itu, pejabat polisi Namaraj Bhattarai mengatakan setidaknya 35 kematian telah dilaporkan.

“Tim penyelamat dan pencarian harus membersihkan jalan-jalan yang diblokir oleh tanah longsor kering akibat gempa untuk mencapai daerah yang terkena dampak,” kata Bhattarai dikutip Reuters.

Perdana Menteri Pushpa Kamal Dahal mengungkapkan kesedihan mendalam atas hilangnya nyawa dan harta benda dalam gempa tersebut.

Ia memerintahkan badan keamanan untuk segera melancarkan operasi penyelamatan dan bantuan, dalam sebuah postingan di media sosial X, yang dulu bernama Twitter.

“Saya sendiri terbuka. Kami sedang mengumpulkan rincian namun karena cuaca dingin dan malam hari, sulit mendapatkan informasi dari daerah terpencil,”kata Kamal Dahal.

Tak hanya itu, gempa bahkan menyebabkan sejumlah bangunan di New Delhi, India, ikut berguncang.

Artikel Terkait