Kadispenad: Belajar Agama Tanpa Ustadz akan Terjadi Penyimpangan

Forumterkininews.id, Jakarta-  Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Dudung Abdurachman mengingatkan prajurit untuk lebih teliti dalam mempelajari ilmu agama.

Dampak terlalu dalam mempelajari agama, tanpa guru atau ustadz pembimbing, lama-lama akan terjadi penyimpangan.

“Itulah maksud yang disampaikan KSAD pada video yang ditayangkan di akun Youtube Dispenad pada saat memberikan kultum usai sholat subuh bersama prajurit Kodam XVIII/Cenderawasih”, ujar Kadispenad Brigjen TNI Tatang di Kantor Dispenad Jakarta, Minggu (6/12).

Lebih lanjut menurut Kadispenad yang juga hadir saat kegiatan tersebut. Dalam penyampaiannya, KSAD menjelaskan, saat ini banyak orang yang mendalami agama tanpa guru, sehingga mudah terpedaya dengan oknum yang menafsirkan agama tidak sesuai dengan ajaran Rasulullah.

“Dengan belajar agama sendiri, apalagi secara mendalam tanpa guru, cenderung akan mudah terpengaruh. Pada akhirnya justru akan dapat menimbulkan penyimpangan-penyimpangan,” ujar Kadispenad

Misalnya, kata hadis ini ikut. Kemudian, kata hadis yang lain, juga ikut. Oleh karenanya, lanjut kata Kadispenad jangan terlalu dalam mempelajari agama tanpa guru pembimbing yang ahli.

“Berbeda apabila ada yang mengarahkan dan membimbing dengan benar dan ahli,” pungkas Kadispenad.

Artikel Terkait