Solidaritas untuk Palestina, Prabowo-Anies Pakai Profil Semangka

Forumterkininews.id, Jakarta- Gema takbir bersahutan di antara lautan manusia di kawasan Monumen Nasional, (Monas) Jakarta Pusat, Minggu (5/11) pagi. Teriakan “Free Palestine” menjadi sajak yang ikut terucap dari jutaan langkah kaki yang mengiringi.

Monas kali ini berbeda dengan Monas hari biasanya. Bukan lagi jalanan protokoler yang lalu-lalang dengan segala jenis kendaraan mewah sebab dekat Istana Negara. Tetapi berubah menjadi pemandangan langka yang mungkin tak bakal terjadi jika Indonesia tak siap ada untuk Palestina.

Sederet petinggi negeri juga ikut hadir mengenakan setelan serba putih lengkap dengan syal bergambar bendera Palestina. Diantaranya Ketua DPR Puan Maharani, Komite Eksekutif Interparliamentary Union (IPU) Fadli Zon, Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid, dan lainnya.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Agama Yaqut Cholil dan Menko PMK Muhadjir Effendy adalah tiga orang menteri yang diutus langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mewakili dukungan solidaritas pemerintah bagi Palestina.

“Saya hadir mewakili Pemerintah Republik Indonesia. Ditugaskan oleh bapak Presiden, bertiga, tidak main-tidak menko pmk, menteri luar negeri, dan menteri agama,” ujar Muhadjir di hadapan jutaan warga.

Kata Muhadjir, Indonesia akan terus mendukung Palestina sampai merdeka.

“Apa artinya? Artinya kita semua jangan ragu dengan sikap pemerintah Indonesia. Kita akan dukung palestina dengan seluruh kekuatan kita sampai palestina merdeka. Allahu akbar,”tegasnya.

Alih-alih menyerukan orasi, rekan sejawatnya di kabinet kerja yakni Menlu Retno Marsudi justru membacakan sebuah puisi. Berjudul “Palestina Saudaraku”, puisi tersebut khusus Retno tulis dan bacakan langsung sebagai bentuk solidaritas atas apa yang menimpa Palestina.

Pakai Profil semangka

Dari deretan pejabat yang hadir, hanya sosok Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan yang terlihat dalam aksi tersebut. Dua rivalnya di Pilpres 2024 yakni Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo tak nampak hadir.

BACA JUGA:   Ini Perbandingan Harta Hakim yang Bebaskan Pegi Setiawan dan Eks Bupati Langkat

Baca Juga: Buah Semangka, Simbol Perlawanan Rakyat Palestina

Namun demikian, walau tak hadir secara fisik di lokasi, Prabowo menunjukkan dukungannya untuk Palestina lewat hal yang unik.

Pantauan Forumterkininews.id pada Senin, (6/11), pukul 07.30 WIB, partner duet Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024 itu mengganti foto profil akun Instagram pribadinya @prabowo menjadi foto buah semangka.

Yang mana, buah semangka menjadi simbol perjuangan dan perlawanan rakyat Palestina terhadap Israel.

Walau belum ada statement resmi darinya, namun ribuan warganet yang ikut mampir di kolom komentar Instagramnya, merasa salut atas langkah Prabowo tersebut.

Di postingan terakhir, tepatnya pada Sabtu kemarin, Prabowo terlihat mendampingi Presiden Jokowi menyerahkan bantuan kemanusiaan pertama untuk Palestina. Yakni bantuan seberat 51,5 ton yang terdiri dari bahan makanan, alat medis, selimut, tenda dan barang-barang logistik lainnya. 

Prabowo pada kesempatan itu juga mengungkapkan bahwa seluruh rumah sakit TNI disiapkan untuk menerima pengobatan pasien-pasien dari Gaza.

“Saya sudah sampaikan ke Duta Besar Palestina, kita membuka semua rumah sakit TNI untuk siap menerima pasien-pasien dari Palestina. Karena itu, kita akan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berkuasa di situ, terutama Mesir dan negara-negara lain,” ujar Prabowo. 

Sama dengan Prabowo, Anies Baswedan juga mengganti profilnya dengan foto buah semangka.

Bahkan Anies membagikan momen kehadirannya di aksi bela Palestina lewat unggahan di dua postingan terakhir Instagramnya @aniebaswedan.

Berbeda dari Prabowo dan Anies, Ganjar Pranowo hingga kini terlihat masih memasang fotonya sebagai profil di Instagram pribadinya @ganjarpranowo.

Dalam postingan terakhir, Ganjar terlihat sedang berada di Palembang.

Artikel Terkait

Presiden Joko Widodo Apresiasi TNI-Polri Sukses Bebaskan Philip Mark Mehrtens

FT News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi...

Rocky Gerung: Jokowi Akan Crash Landing

FT News – Akademisi yang juga pengamat politik, Rocky...

Lagi, Jokowi Diteriaki Mulyono Oleh Warga

FT News – Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke...