Gara-gara “Steel Grating” Rusak, Butuh 1 Jam Melintasi Underpass Mampang

Forumterkininews.id, Jakarta – Dua hari berturut-turut seorang pengendara motor, Iqballudin Arkan (23) yang melintasi underpass Mampang Prapatan, Jakarta Selatan terpaksa telat masuk kantor. Biasanya melintas hanya 10 menit menuju kantornya, menjadi 60 menit.

Tak hanya Iqballudin, sejumlah pengendara lainnya mengeluhkan hal serupa. Dalam unggahan di media sosial Instagram @jktinfo, pada Senin (13/11) hari ini kemacetan tampak nyata. Rupanya besi gorong-gorong di underpass itu rusak. 

Terlihat kendaraan yang menuju Jalan Gatot Subroto hingga Jalan Rasuna Said menumpuk dan mengular di sepanjang Jalan Mampang Prapatan Raya.

“Orang yang Senin paginya di kantor penuh dengan amarah, fix dia abis ngelewatin Mampang jahanam,” tulis pengendara dalam akun instagram @jkt.info.

“Rekor kemacetan di Warung Buncit,” kata pengendara lain.

“Hmm kurang bahagia apalagi Basmar-terowongan Mampang 40 menit,” tulis pengendara.

Pengendara Mengeluh

Dari kondisi itu, Iqbal menceritakan perjalanan kerja dari rumahnya yang terletak di Kebagusan, Pasar Minggu ke Duren Tiga, yang biasanya memakan waktu hanya 10 menit, kali ini membutuhkan waktu 60 menit atau satu jam.

“Pas masuk Jati Padang, saya mencium aroma polusi yang berlebih dan bener aja ternyata di depan macet yang aneh ‘lagi’. Pikiran saya berkata ‘pasti ada sesuatu di Kuningan’,” kata Iqbal kepada Forumterkininews di Jakarta, Senin (13/11).

Setibanya di kantor ia mengecek media sosial. Benar saja ada informasi terjadi kerusakan jalan di underpass Mampang. 

“Besi gorong-gorong yang entah patah atau hilang sehingga memunculkan lubang dan mengakibatkan kemacetan parah untuk kedua kalinya,” tukas Iqbal.

Perbaikan Gorong-gorong

Terkait permasalahan tersebut, Kapolsek Mampang Prapatan, Kompol David Kanitero mengungkapkan penutup gorong-gorong tersebut telah diperbaiki.

“Saat ini penutup sudah diperbaiki oleh Bina Marga Kecamatan dibantu dengan Jajaran Sat Lantas Polres Metro Jaksel dan Polsek Mampang. Arus lalu lintas sudah kembali lancar,” kata David.

BACA JUGA:   Survei BPS, Indeks Kebahagiaan Banten Paling Rendah

Lebih lanjut David menegaskan saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan Bina Marga untuk mengetahui penyebab pasti terjadinya kerusakan pada gorong-gorong tersebut. Namun pihaknya belum menemukan indikasi penutup tersebut dicuri. 

Plt Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Heru Suwondo mengungkapkan saat ini pihaknya sudah melakukan perbaikan di lokasi. Heru menyebut memang ada kerusakan pada steel grating.

Banyaknya kendaraan yang melintas dari yang berukuran kecil hingga besar membuat steel grating melemah.

“Perbaikan menggunakan baja dan tetap kita monitor,” kata Agus menjawab Forumterkininews, di Jakarta, Senin (13/11).

Artikel Terkait