Dongkrak Ekonomi, Nilai Perputaran Uang Piala Dunia U-17 Rp305 Miliar

FTNews, Jakarta -  Gelaran Piala Dunia U-17 2023 Indonesia telah usai. Laga sepak bola dunia yang diikuti 24 negara tersebut mendongkrak perekonomian Indonesia.

Piala Dunia yang berlangsung 10 November 2023 hingga 2 Desember 2023 sukses. Indonesia sebagai tuan rumah pun bangga.

Pertandingan sepak bola berlangsung di empat stadion terpilih. Stadion Manahan (Surakarta), Jakarta International Stadium (Jakarta), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung).

Mengutip berbagai sumber, rupanya nilai pendapatan yang Indonesia raup dari perhelatan ini perkiraannya mencapai Rp305 miliar.

Penjualan barang ataupun jasa yang penyelanggara dapat di empat wilayah lokasi pertandingan berkontribusi terhadap nilai pendapatan itu.

Berdampak Baik Bagi UMKM

Ajang internasional ini juga turut menumbuhkan ekonomi Indonesia. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan berbagai sektor usaha seperti wisata merasakan dampak baiknya.

Selain dari sektor ekonomi, FIFA pun melihat perkembangan dunia sepak bola Indonesia. Berbagai negara pun melihat prestasi ini.

Indonesia terbukti mampu menyediakan fasilitas yang megah dan mewah untuk ajang sepak bola dengan kategori U-17 itu.

Beberapa negara juga mengapresiasi fasilitas yang Indonesia siapkan. Mata internasional melihat ajang ini berjalan sangat baik.

Setelah suksesnya Indonesia dari Piala Dunia U-17 2023 ini. Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) Erick Thohir, berharap Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2025 mendatang.

Terlebih fasilitas yang Indonesia miliki saat ini sudah bisa melewati standar yang FIFA inginkan, untuk pergelaran ajang sepak bola dunia tersebut.

Artikel Terkait