Sukses Jadi Tuan Rumah, Saatnya Indonesia Genjot Olahraga Berprestasi

FTNews, Jakarta – Indonesia mendapat banyak apresiasi dari mata dunia setelah sukses menggelar Piala Dunia U-17 2023 pada 10 November-2 Desember 2023. Tak cukup sampai di situ, Indonesia harus terus mendongkrak prestasi dari berbagai cabang olahraga.

Salah satu Capres dan Cawapres yang akan berlaga di Pemilu 2024 nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memiliki visi misi untuk meningkatkan prestasi dalam bidang olahraga.

Dengan mewajibkan setiap sekolah negeri dan perguruan tinggi negeri memberikan beasiswa kepada para atlet. Selain itu mereka ingin membuat program yang terstruktur dari jenjang sekolah dasar dalam bidang olahraga.

Pengamat olahraga, Djoko Pekik Irianto mengatakan, olahraga Indonesia saat ini sedang berada dalam fase naik turun. 

“Perkembangan olahraga prestasi di Indonesia saat ini memang dinamikanya naik turun flow to active,” katanya kepada FTNews, di Jakarta, Rabu (6/12).

Djoko mengapresiasi, Indonesia bisa menyelenggarakan berbagai kegiatan nasional maupun internasional, seperti FIBA World Cup, World Cup U-17 dan berbagai kegiatan lainnya.

Tingkatkan Prestasi

Namun lanjutnya, Indonesia harus melakukan langkah sistematik dan kontruktif dalam meningkatkan prestasi olahraganya.

“Tentu langkah yang sistematik dan konstruktif, perlu dilakukan ke depan. Utamanya bagaimana kita bisa segera bangkit berprestasi ke level dunia,” ungkapnya.

Selain itu, instrumen yang mendorong prestasi para atlet Indonesia yakni menggunakan Perpres yang mengatur tentang Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON).

“Kita harus secara konsekuen melaksanakan PPON itu dengan berbagai kebutuhan yang harus ditopang termasuk penganggaran dan sebagainya. Itu menjadi piranti kita, bagaimana kita bisa menggerakkan olahraga Indonesia ke depan untuk menjadi lebih baik lagi di berbagai cabang olahraga,” ujarnya.

PPON ini berpengaruh kepada peraihan pada Olimpiade 2024 Paris, yang akan sejalan dengan visi Indonesia Emas untuk bisa meraih posisi lima terbesar pada ajang tersebut.

BACA JUGA:   Pasoepati Dukung Rencana Persis Gelar KLB

“Tentu kita harus dorong dari sekarang, dengan hasil evaluasi yang kita lakukan tahun 2023. Nanti, kita gunakan untuk memperbaiki tenaga kita di tahun 2024,” jelasnya.

Olimpiade Paris 2024, baginya adalah pertaruhan besar bagi Indonesia menjadi lebih baik ke depannya.

“Kita punya target untuk tahun 2024 Olimpiade Paris itu lebih dari 2 medali emas. Sehingga tentu kita harus persiapkan dengan sebaik-baiknya,” terangnya.

Djoko mengatakan, saat ini memang acuan utama cabang olahraga adalah yang paling sering meraih gelar juara yaitu, bulu tangkis dan angkat besi. Tetapi, harus bisa juga menyalurkan juara dari olahraga lain yang memiliki potensi.

“Seperti panjat tebing, kemudian menembak ini bagian potensi yang kita perlu dorong. Sehingga sekali lagi, kita harus melakukan langkah-langkah konstruktif,” jelasnya.

Artikel Terkait