Tahanan Lapas Kelas IIA Tangerang Kabur, Diduga Alami Gangguan Psikis

FTNews, Jakarta – Lapas Kelas IIA Tangerang geger karena salah satu tahanan mereka berinisial N berhasil kabur pada Rabu (6/12).

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tangerang, Yekti Apriyanti mengatakan, tahanan kasus penganiayaan ini berhasil melarikan diri sekitar pukul 12.00 WIB.

“Kejadian pelarian diketahui usai adanya laporan petugas pos jaga Blok Teratai (tahanan) pada pukul 12.30 WIB kepada Komandan Jaga dan Staf KPLP yang kemudian ditembuskan kepada Ka. KPLP dan Kalapas,” ucap Yekti, dalam keterangannya, Jumat (8/12).

Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini Lapas Kelas IIA Tangerang telah berupaya melakukan sinergi dengan pihak penahan dari Tahanan N yaitu Polsek Karawaci untuk melakukan pencarian.

“Saya pastikan seluruh proses pencarian berjalan intensif dan tidak henti untuk berkoordinasi dan bersinergi dengan pimpinan serta aparatur penegak hukum lainnya,” ungkap Yekti. 

Apabila pencarian berhasil, maka pihaknya akan bersikap tegas sesuai dengan ketentuan pengamanan dalam lapas/rutan. Salah satunya menempatkan pada tempat khusus yang mudah dalam pengawasan.

Sementara itu Yekti menyampaikan, ada dugaan tahanan yang kabur mengalami gangguan psikis dan tidak mau bersosialisasi. Hal ini berdasarkan beberapa laporan teman blok hunian.

“Kami sepenuhnya akan berkomitmen memberikan pelayanan kepada warga binaan khususnya tahanan N,” imbuhnya.

Jika tahanan tersebut sudah polisi temukan akan ada assesment dengan pendampingan psikolog.

“Kami juga tetap akan waspada serta meningkatkan 3 + 1 Kunci Pemasyarakatan agar kejadian ini tidak dapat terulang kembali,” imbuh Yekti.

Artikel Terkait