Terima 30 Korban Erupsi Semeru, 10 Jenazah Berhasil Diidentifikasi

Forumterkininews.id, Jakarta – Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri telah menerima 30 kantong jenazah korban erupsi Gunung Semeru untuk diidentifikasi di RSUD Haryoto Lumajang, Jawa Timur.

Dari 30 jenazah yang diterima, 10 mayat telah berhasil di identifikasi setelah melalui serangkaian proses pemeriksaan tes DNA dan lain sebagainya.

“Per tanggal 7 Desember 2021, terkait dengan korban yang berjumlah 30 jenazah telah diterima oleh tim DVI,” kata Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan dalam konferensi pers di RSUD Haryoto, Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021).

Sementara 10 jenazah lainnya, kata Ramadhan, masih dalam proses identifikasi yang dilakukan tim DVI Polri di RSUD Haryoto Lumajang.

“Dari 10 jenazah itu telah teridentifikasi, yakni berjenis kelamin 6 laki laki dan 4 perempuan,” ucap Ramadhan.

Kemudian, 5 jenazah sudah diserahkan kepada pihak keluarga, setelah melalui pemeriksaan post mortem dan anti mortem untuk mencocokan antara mayat atau body korban dengan anggota keluarganya.

“5 diantaranya sudah diserahkan kepada keluarga, karena sudah dikenali secara visual,” tuturnya.

Setelah jenazah berhasil diidentifikasi, langsung dapat diambil oleh pihak keluarga. “Maka pihak Polri dan RSUD akan memfasilitasi pengantaran dan lain sebagainya,” sambungnya.

Kendati demikian, lanjut dia, polri mengimbau kepada masyarakat yang kehilangan anggota keluarganya, untuk melaporkan ke pos tim DVI Polri yang didirikan di RS.

“Kami menghimbau kepada masyarakat yang kehilangan keluarganya untuk dapat mengunjungi Posko Tim DVI.

Artikel Terkait