Anggota Tim Pembunuh Khassogi Ditangkap di Prancis

Forumterkininews.id, Paris- Seorang anggota tim pembunuh jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi 2018 silam, ditangkap pihak kepolisian Prancis, di bandara utama Paris, Selasa (7/12).

Melansir Reuters, sumber polisi menyebut pria itu bernama Khaled Aedh Al-Otaibi, mantan Pengawal Kerajaan Arab Saudi.

Pria berusia 33 tahun itu ditahan polisi perbatasan berdasarkan surat perintah penangkapan yang dikeluarkan Turki. Dia akan muncul di persidangan, Rabu (8/12).

Pengadilan Turki pada tahun 2020 mulai mengadili secara in absentia 20 tersangka pembunuhan Khashoggi, termasuk dua mantan pembantu Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman.

Lebih lanjut diketahui, penangkapan Al-Otaibi terjadi hanya beberapa hari setelah Presiden Prancis Emmanuel Macron memasukkan Arab Saudi dalam tur negara-negara Teluk.

Pada September 2020, pengadilan Saudi membatalkan lima hukuman mati yang setelah persidangan tertutup di Arab Saudi. Sebagai gantinyam, pengadilan menjatuhkan hukuman 20 tahun penjara untuk sebagian pelaku.

Peristiwa pembunuhan Khashoggi berawal saat dirinya memasuki konsulat Saudi di Istanbul 2 Oktober 2018. Saat itu Khashoggi hendak mengajukan dokumen untuk menikahi tunangannya dari Turki.

Menurut pejabat AS dan Turki, regu pembunuh Saudi yang sedang menunggu, mencekiknya dan memotong-motong tubuhnya.

Pembunuhan mengerikan itu memicu kemarahan internasional yang terus bergema.  Badan-badan intelijen Barat menuduh Pangeran Mohammed bin Salman mengizinkan pembunuhan itu.

Artikel Terkait