Waspada! Hujan Badai Bakal Guyur Sejumlah Wilayah Indonesia Hari Ini

FTNews – Hujan badai diprediksi akan mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia hari ini, Minggu (7/1).

Badan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun memberikan peringatan dini sekaligus meminta masyarakat untuk mewaspadai hujan badai.

Khususnya mereka yang tinggal di wilayah Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Lalu wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung.

Hujan juga bakal mengguyur Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku dan Papua Barat.

Dalam laman resminya, BMKG juga memprediksi hujan badai di sejumlah wilayah Indonesia akan berlangsung hingga 10 Januari mendatang.

Kondisi cuaca ekstrem ini lantaran adanya fenomena Monsun Asia Musim Dingin.

Yang mana, Monsun Asia mulai menunjukkan dampaknya terhadap potensi peningkatan massa udara basah di sekitar wilayah Indonesia . Sehingga pertumbuhan awan hujan di periode Januari ini akan cukup intens.

Tak hanya itu, ktivitas Madden Jullian Oscillation (MJO) juga sudah mulai memasuki wilayah Indonesia.  Yang secara tidak langsung memicu peningkatan potensi hujan sedang hingga lebat di beberapa wilayah.

Artikel Terkait